• Jumat, 22 Oktober 2021

SDM Unggul, BLK Kendari Latih 128 Siswa Miliki Keterampilan Kerja

- Rabu, 3 Februari 2021 | 23:45 WIB
Ilustrasi (antara)
Ilustrasi (antara)

INILAH, Bandung - Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari mendorong keterampilan kerja pada 128 siswa baru pelatihan berbasis kompetensi institusional tahap I dengan memberikan keterampilan kerja delapan jurusan sehingga dapat digunakan untuk mencari kerja atau menciptakan lapangan kerja.

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu di Kendari, Rabuz mengatakan delapan kejuruan yang dimaksud adalah Surveyor, Pengelolaan Administrasi Perkantoran, Komputer Operator Asistent, Desain Grafis, Asisten Pembuat Pakaian, Teknisi Handphone, Menjahit Pakaian Wanita, dan Tata Kecantikan Kulit.

"Total pelatihan tahap I ini kita buka delapan paket sebanyak 128 siswa, setiap jurusan terdiri dari 16 orang," kata Polondu.

Ia menjelaskan, pihaknya memberikan keterampilan untuk mempersiapkan tenaga kerja terampil dan kompeten sesuai kebutuhan dunia industri, sehingga mampu mengisi kekosongan kerja yang ada di dunia industri atau membuka lapangan kerja ataupun berwirausaha secara mandiri.

"Ini untuk memberikan pelatihan sikap mental kepada para peserta pelatihan dalam mengembangkan program pelatihan kerja yang berorientasi kepada kompetensi, meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja dalam berbagai keahlian dan keterampilan sesuai kebutuhan masing-masing dan juga sesuai kebutuhan dunia kerja dan dunia industri," jelas Polondu.

Ia juga menyampaikan bahwa hal tersebut sebagai bentuk sinergi bersama Forkopimda Sulawesi Tenggara dalam menekan angka pengangguran di provinsi itu.

"Kegiatan ini dilaksanakan mulai dibuka hari ini dan insya Allah akan berakhir pada 25 Maret 2021. Dan akan berlangsung terus sampai November akhir tahun 2021," tutur Polondu.

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi saat membuka kegiatan tersebut mengatakan Balai Latihan Kerja memiliki peranan untuk mengurangi angka pengangguran khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara.

"Kita berharap output kegiatan pelatihan ini menciptakan masyarakat pencari kerja yang berpengetahuan dan keterampilan yang memadai serta memiliki sikap dan perilaku yang baik jujur ikhlas tekun dan ulet serta disiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas tugas dan pekerjaannya," kata Ali Mazi.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Pemerintah Tak Melarang Warga Merayakan Maulid Nabi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:30 WIB
X