• Senin, 6 Desember 2021

Menkominfo: Pers Tetap Dedepankan Fungsi Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

- Senin, 8 Februari 2021 | 17:20 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. (antara)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. (antara)

INILAH, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengingatkan pers dan media agar tetap mengedepankan fungsi utamanya, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Johnny G Plate dalam kegiatan Konvensi Media Massa Nasional HPN 2021, di Jakarta, Senin, mengatakan tantangan digitalisasi saat ini justru harus dilihat sebagai suatu peluang.

Yakni, peluang untuk memfasilitasi pelaksanaan tugas mulianya insan pers dalam menyebarkan informasi guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Tak lain ini berulang-ulang kali dan terus disampaikan guna mencerdaskan kehidupan bangsa, terlepas dari tingkat persaingan yang terus luar biasa, terlepas dari disrupsi teknologi, dari Covid-19, pers tetap harus mengedepankan fungsi utamanya mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya.

Sementara, kondisi yang terus berubah menurutnya harus direspons dengan semangat untuk bergerak maju melalui peningkatan kemampuan insan pers nasional, terlebih bagi para pelaku media siber yang begitu cepatnya menjangkau masyarakat.

Menkominfo menjelaskan saat ini pers didorong untuk turut bertransformasi dan dan terus beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi, termasuk dampak dari Covid-19 terhadap industri pers.

Kemudian, kemajuan teknologi dan digitalisasi membuat cakupan pers serta media semakin lebih luas mengingat masyarakat yang semakin bergantung pada teknologi itu sendiri juga.

Di sisi yang lain, kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap akses informasi yang cepat dan gratis bahkan, turut meningkat dengan adanya digitalisasi.

"Survei yang dilakukan Kominfo 2020 lalu memperlihatkan dominasi media sosial sebagai tambahan informasi yang paling dipercaya masyarakat, nah ini harus kita sadari bersama," katanya.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Terkini

X