• Selasa, 26 Oktober 2021

Pemerintah Kaji Hambalang sebagai Pusat Latihan Atlet Senior

- Senin, 15 Maret 2021 | 21:30 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (antara)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (antara)

INILAH, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan pemerintah mempertimbangkan Hambalang untuk dijadikan sebagai pusat latihan atlet senior.

"Kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bisa bertanding," kata Amali dalam konferensi pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin.

Amali menyampaikan hal tersebut seusai menghadiri rapat terbatas mengenai "Desain Besar Olahraga Nasional" dan "Persiapan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI di Papua" di Istana Merdeka yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

"Kami merencanakan akan membuat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah, tentu kita sesuaikan dengan potensi yang ada dan yang paling mendasar adalah potensi talenta ketika di SD," tambah Amali.

Menurut Amali, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan respon positif terhadap rencana tersebut.

"Kemudian sentra-sentra ini akan berisi anak-anak kita yang punya potensi yang sudah terseleksi sejak usia SMP, selanjutnya usia SMA kita akan dorong ke Cibubur tempat SKO (Sekolah Khusus Olahraga) kita sekarang," tambah Amali.

Menurut Menpora, rencana tersebut adalah rangkaian panjang untuk menghasilkan prestasi olahraga nasional.

"Menurut para pakar, minimal dibutuhkan waktu 10 tahun atau kira-kira 10 ribu jam untuk bisa menuju prestasi," ungkap Amali.

Desain besar hingga 2045 itu juga menetapkan target-target jangka pendek dan menengah, yaitu pada 2024, 2028 dan 2032.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Terkini

Heboh Pernyataan Gus Yaqut, Ini Kata Ketua Umum KNPI

Selasa, 26 Oktober 2021 | 11:56 WIB
X