Balai Pustaka Selenggarakan Lomba Berbalas Pantun 2021

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Balai Pustaka (Persero) untuk pertama kalinya menyelenggarakan lomba berbalas pantun 2021.

Balai Pustaka Selenggarakan Lomba Berbalas Pantun 2021
Presiden Direktur PT Balai Pustaka (Persero) Achmad Fachrodji di Jakarta. (antara)

INILAH, Jakarta - Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Balai Pustaka (Persero) untuk pertama kalinya menyelenggarakan lomba berbalas pantun 2021.

“Lomba berbalas pantun ini merupakan bentuk kepedulian Balai Pustaka yang awalnya memang menjadi rumah besar sastrawan Indonesia. Dari dulu kita mengenal angkatan Balai Pustaka, Pujangga Baru, angkatan 1945, angkatan 1966,” ujar Presiden Direktur PT Balai Pustaka (Persero) Achmad Fachrodji di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan Balai Pustaka perlu mengadakan kegiatan besar menyambut dikukuhkannya pantun sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda saat sidang ke-15 Intergovernmental Comittee for the Safeguarding of the Ingaible Cultural Heritage di Paris, 17 Desember 2020. Penetapan pantun sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda tersebut bersama dengan Malaysia.

Baca Juga : Pemerintah Kaji Hambalang sebagai Pusat Latihan Atlet Senior

Fachrodji menambahkan di Malaysia diadakan sejumlah acara yang sangat semarak menyambut penetapan pantun itu.

“Sementara di Indonesia belum ada. Untuk itu, kami memberanikan diri menyampaikan rencana itu ke Menteri BUMN dan pak menteri menyambut baik dan berkenan memberikan piala pada para pemenang,” ujar dia.

Dia menambahkan masyarakat menyambut antusias lomba berbalas pantun tersebut, karena dilakukan hanya dengan mengirimkan video. Peserta berbalas pantun dengan menggunakan pakaian adat tradisional dan alat musik.

Baca Juga : KPU: Anggaran Pemilu 2024 Rp86,2 Triliun

“Dengan demikian, pantun bukan sekedar menulisnya tetapi cara melantunkannya dan mendendangkannya. Jadi yang dinilai bukan sekedar kepiawaian merangkai kata, tetapi juga cara melantunkannya,” kata dia lagi.

Halaman :


Editor : suroprapanca