• Minggu, 26 September 2021

Generasi Muda Diajak Garap Peluang Wirausaha Pertanian di Daerah

- Kamis, 8 April 2021 | 21:15 WIB
Ilustrasi (Antara)
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Jakarta - Generasi muda diajak untuk menggarap peluang berwirausaha pertanian di daerah-daerah sebagai upaya mendorong produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan sekitar 270 juta penduduk Indonesia, meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan ekspor komoditas pertanian.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widhi Arsanti, dalam keterangannya, Kamis, mengatakan besarnya kesempatan dan tantangan dalam pelibatan generasi muda ke sektor pertanian.

Menurut dia, tantangannya adalah sektor pertanian menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 38 juta orang di Indonesia, namun hampir 80 persen petani Indonesia berusia di atas 45 tahun.

"Sedangkan di Indonesia terdapat 65 juta pemuda dengan usia rata-rata 28 tahun yang dalam hal ini jumlah pemuda tidak sejalan dengan partisipasi pemuda di sektor pertanian. Rendahnya minat pemuda pada sektor pertanian menjadi tantangan, baik dalam pekerjaan maupun kewirausahaan, baik di on-farm maupun off-farm; dan setiap tahun jumlah petani menurun 500 ribu," katanya.

Idha menjelaskan, kesempatan yang dimiliki adalah adanya kebutuhan untuk 81.090.000 petani, yang hanya separuhnya terpenuhi 38.224.371 petani yang ada.

"Kita membutuhkan 42.865.629 lebih pemuda untuk mengembangkan pertanian di era Industri 4.0, serta menggantikan petani tua, berdaya saing, lebih tanggap terhadap teknologi, lebih adaptif dan kreatif. Kaderisasi petani dengan dukungan pendidikan dan teknologi holistik merupakan salah satu solusi kunci," katanya.

Menurut dia, ada 3 hal penting yang dibutuhkan dalam menyusun kebijakan strategis yaitu kolaborasi, inklusivitas, konstruktif.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan pihaknya berupaya menyusun skema kebijakan untuk menarik generasi muda ke daerah perdesaan dan bekerja di bidang pertanian.

"Salah satunya melalui workshop, kami berusaha mengidentifikasi dan mempromosikan praktik-praktik terbaik yang mendukung ketertarikan generasi muda terjun ke sektor pertanian, dan mendiskusikan peluang, tantangan dalam mempromosikan keterlibatan pemuda di sektor pertanian," katanya.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Azis Syamsuddin Dijemput Paksa KPK, Ini Sikap MKD DPR RI

Jumat, 24 September 2021 | 22:54 WIB

KPK Jemput Paksa Azis Syamsuddin, Terkait Kasus Apa?

Jumat, 24 September 2021 | 22:42 WIB
X