• Senin, 27 September 2021

Wakil Ketua MPR: Realisasi UU PKS Harus Jadi Perjuangan Bersama

- Rabu, 28 Juli 2021 | 20:40 WIB
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Lestari Moerdijat. (antara)
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Lestari Moerdijat. (antara)

INILAH, Bandung - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Lestari Moerdijat menyatakan realisasi Undang-Undang (UU) Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) harus menjadi perjuangan bersama untuk mewujudkan negara yang adil, makmur, dan aman bagi masyarakat.

Lestari, saat membuka diskusi yang dilakukan secara daring bertema RUU Penghapusan Kekerasan Seksual "Mewujudkan Kebijakan Berbasis Bukti Dalam Proses Legislasi" yang digelar oleh Forum Diskusi Denpasar 12 di Jakarta, Rabu, mengatakan kehadiran UU PKS merupakan salah satu cara negara ini memberikan tempat yang layak terhadap nilai-nilai kemanusiaan bagi anak bangsa.

"Mewujudkan UU PKS juga merupakan bagian dari perjuangan bangsa ini untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan yang paripurna," katanya.

Lestari berharap para legislator di gedung parlemen menggunakan semua saluran politik yang ada dalam mengatasi berbagai hambatan dan menghilangkan sekat-sekat golongan.

"Tujuannya untuk membangun 'political will' (kebijakan politik) yang kuat mewujudkan UU PKS," katanya.

Pada acara yang sama, Wakil Ketua Badan Legislatif DPR RI Willy Aditya mengatakan yang terjadi dalam pembahasan RUU PKS saat ini adalah benturan ideologi dan cara pandang dari sejumlah pihak.

Pihak-pihak yang berbeda pandangan tersebut, menurut dia sama-sama beralasan ingin memuliakan perempuan dan anak.

"Namun masih ada pihak-pihak yang mempersoalkan sejumlah terminologi dan aspek sosial budaya dalam pasal-pasal RUU PKS tersebut," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap sejumlah perspektif yang berbeda dalam pembahasan RUU PKS dapat diatasi lewat dialog yang intensif dan fakta-fakta di lapangan terkait maraknya kekerasan seksual secara digital.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Polisi Siapkan Tes Antigen bagi Demonstran di KPK

Senin, 27 September 2021 | 11:19 WIB

Kirab Api PON XX Papua Dimulai dari Sorong Papua Barat

Senin, 27 September 2021 | 10:52 WIB

Digelar Hari Ini, Penonton Sepak Bola PON Papua Dibatasi

Senin, 27 September 2021 | 09:44 WIB

Kearifan lokal Nilai Jual Pariwisata Nasional

Senin, 27 September 2021 | 08:41 WIB
X