• Jumat, 24 September 2021

KPU Tetapkan BirinMU Pasangan Terpilih Pilkada Kalsel 2020

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 14:50 WIB
Ilustrasi (antara)
Ilustrasi (antara)

INILAH, Banjarmasin - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan akhirnya menetapkan H Sahbirin Noor dan H Muhidin (BirinMU), sebagai pasangan terpilih pada Pemilu Kepada Daerah (Pilkada) Kalsel 2020.

Penetapan pasangan terpilih Pilkada Kalsel dilaksanakan dalam rapat pleno yang digelar KPU Kalsel di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu.

"Secara sah hari ini kita tetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 01, H Sahbirin Noor dan H Muhidin terpilih pada Pilkada Kalsel 2020," ujar Ketua KPU Kalsel Sarmuji usai acara rapat pleno tersebut.

Penetapan tersebut dilakukan setalah MK menolak gugatan pasangan calon nomor urut 02, Prof H Denny Indrayana dan H Difriadi Derajat, terhadap hasil pemungutan suara ulang (PSU) yang digelar si sejumlah wilayah itu, dan memerintahkan KPU Kalsel untuk segera menetapkan pasangan calon terpilih.

Ia mengatakan, berkas penetapan pasangan calon terpilih sudah pihaknya serahkan kepada Ketua DPRD Kalsel dan berakhirnya rapat pleno tersebut juga berakhirnya tugas KPU Kalsel dalam Pilkada Kalsel.

"Kami tinggal menunggu pelantikan saja lagi untuk kedua pasangan calon," ujarnya.

Sarmuji mengatakan proses selanjutnya ketetapan KPU Kalsel akan dibawa pihak DPRD Kalsel untuk ditetapkan dalam rapat paripurna, setelah itu diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dijadwalkan pelantikannya oleh Presiden RI.

"Kita harap ini tidak berlangsung lama, hingga daerah kita Kalsel memiliki gubernur dan wakil gubernur yang definitif," ujarnya.

Terkait hanya pasangan pemenang yang menghadiri rapat pleno hari ini, Sarmuji menyatakan, bahwa pihaknya juga mengundang pasangan calon nomor urut 02, Prof H Denny Indrayana dan H Difriadi Derajat.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Catat! Pemerintah Sepakati 16 Hari Libur di Tahun 2022

Kamis, 23 September 2021 | 10:48 WIB
X