• Minggu, 19 September 2021

Menko PMK Dorong Persediaan Obat Antivirus hingga Fasilitas Isoman

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 15:40 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Antara Foto)
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Antara Foto)

INILAH, Bandung- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendorong pemerintah daerah untuk menyediakan obat antivirus bagi terapi pasien COVID-19 hingga fasilitas isolasi mandiri.

"Ini saya sangat dukung supaya obat-obatan antivirus bisa disediakan di level paling bawah puskesmas atau tempat isolasi mandiri," ujar dia dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (4/8).

Ia mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang telah menyediakan obat antivirus hingga fasilitas isoman di rumah warga maupun fasilitas terpusat.

Ia juga mendorong pemkab atau pemkot lain untuk mengikuti langkah-langkah Pemkab Sukabumi yang telah menyediakan obat antivirus di tingkat terendah, seperti lokasi isolasi mandiri di rumah dan puskesmas.

Muhadjir mengatakan, COVID-19 varian Delta yang saat ini tengah mewabah sulit diduga. Gejala pada awalnya dianggap biasa dan ringan, tetapi tiba-tiba bisa langsung berat dan menyebabkan kondisi kritis.

Menurut dia, obat-obatan antivirus harus tersedia di lokasi isolasi mandiri dan puskesmas.

"Itu berarti harus perlu obat antivirus di samping pertolongan lain seperti ketersediaan oksigen dan seterusnya," katanya.

Dari pengamatan dan laporan yang diterima Kemenko PMK, kata dia, penanganan terhadap pasien isolasi mandiri di sejumlah daerah juga sudah bagus. Pasien yang dirawat tidak sampai mengalami gejala yang parah.

"Jadi tidak ada satupun kemudian naik menjadi berat apalagi sampai kritis. Ini saya kira tempat yang bagus untuk dicontoh tempat lain," katanya.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

X