• Minggu, 5 Desember 2021

Waduh! Ketua KPK Sebut Jawa Barat Peringkat 1 Jumlah Kasus Korupsi

- Kamis, 9 September 2021 | 16:40 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi program pemberantasan korupsi terintegrasi di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Rabu (8/9/2021).  ((Antara/HO-Humas KPK))
Ketua KPK Firli Bahuri saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi program pemberantasan korupsi terintegrasi di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Rabu (8/9/2021). ((Antara/HO-Humas KPK))
INILAHKORAN, Bandung- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengatakan Jawa Barat sebagai provinsi peringkat satu jumlah kasus korupsi. 
 
Hal ini disampaikan Firli di hadapan 120 legislator Jawa Barat dalam rapat koordinasi program pemberantasan korupsi terintegrasi, bertempat di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Rabu, 8 September 2021.
 
Pernyataan itu disampaikan Firli bukan tanpa alasan. Menurutnya, dari data korupsi yang ditangani KPK pada 2004-2020, terdapat 26 dari 34 provinsi terjadi kasus korupsi.
 
Baca Juga: Ketua KPK Wajibkan Pejabat Lapor Harta Kekayaan, Gara-gara 95 Persen LHKPN Tak Akurat

“Dari sepuluh besar kasus korupsi di daerah yang ditangani KPK, Jawa Barat di peringkat satu dengan jumlah 101 kasus,” katanya.
 
Berdasar data yang dimilikinya itu, Firli mengingatkan jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat agar tidak melakukan korupsi.
 
Lebih lanjut, Firli pun meminta anggota dewan untuk mewaspadai titik rawan korupsi, khususnya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD terkait penganggaran.

“Ada empat tahapan dalam tugas dewan terkait penganggaran. Dari empat tahapan tersebut, semua rawan korupsi. Mulai dari penyusunan, persetujuan dan pengesahan ada kerawanan. Pelaksanaannya juga ada, terakhir pengawasannya ada kerawanan juga,” pinta Firli. (Yosep Saepul Ramdan)
 
 

Editor: Bsafaat

Sumber: KPK

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaku Pamer Payudara Di YIA Ditangkap Di Bandung

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:46 WIB

Gunung Semeru Meletus, Warga Berlarian Panik

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:00 WIB
X