• Jumat, 29 Oktober 2021

PARAH..Jawa Barat Paling Korup di Indonesia, Catatkan Rekor 101 Kasus Korupsi

- Minggu, 12 September 2021 | 15:50 WIB
Ketua KPK Firli
Ketua KPK Firli

INILAHKORAN,-Bandung- Sungguh parah dan menyedihkan. Jawa Barat menempati peringkat pertama dalam hal korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat ada 1010 kasus korupsi terjadi di Jawa Barat.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Jawa Barat sebagai daerah tertinggi kasus korupsi. KPK mencatat ada 101 kasus korupsi. Karenanya KPK memberikan warning agar jangan ada upaya kongkalikong anggaran.

Di hadapan 120 anggota DPRD Jawa Barat, Ketua KPK, Firli Bahuri mengungkapkan, agar seluruh anggota DPRD dapat berkontribusi mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

Menurut Firli, empat tahapan proses penganggaran mulai dari penyusunan, persetujuan dan pengesahan hingga pengawasan merupakan tangkaian titik rawan korupsi.

Baca Juga: Waspada Situs Palsu! Satgas Covid-19 Tegaskan yang Resmi Hanya Pedulilindungi.id

"Semua rawan korupsi. Mulai dari penyusunan, persetujuan, dan pengesahan ada kerawanan, pelaksanaannya ada. Terakhir, pengawasannya ada kerawanan juga," kata Firli dalam Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Rabu, 8 September 2021 lalu.

Pada kesempatan itu, Firli juga menyebutkan modus korupsi yang kerap terjadi adalah melalui pemerasan, gratifikasi hingga penyuapan. Semuanya bermuara pada kongkalikong anggaran.

Firli menegaskan, kehadiran KPK di Jawa Barat tentu bukan alasan. Namun menjadi bagian dari upaya pencegahan.

Pasalnya menurut Firli merujuk data kasus korupsi yang ditangani KPK pada 2004-2020 terdapat 26 dari 34 provinsi terjadi kasus korupsi.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X