• Jumat, 17 September 2021

JOROK! 5 Juta Ton Sampah Plastik di Indonesia Tak Terkelola, Dibuang ke Sungai, Ditimbun hingga Dibakar

- Selasa, 14 September 2021 | 16:27 WIB
Musisi sekaligus aktivis lingkungan hidup Gede Robi. ((Instagram/@robinavicula))
Musisi sekaligus aktivis lingkungan hidup Gede Robi. ((Instagram/@robinavicula))

INILAHKORAN, Bandung- Musisi sekaligus aktivis lingkungan hidup Gede Robi merilis data mencengangkan. Ada 5 juta ton sampah di Indonesia berserakan dimana-mana alias tak terkelola.

Gede Robi mengutip data Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton) yang mengungkapkan setiap tahun ada 8 juta ton sampah plastik se-Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Dari jumlah tersebut, 3 juta ton bisa diolah sementara 5 ton tidak terkelola.

Baca Juga: Inilah 4 Jenis Vitamin untuk Tingkatkan Kesehatan saat Musim Hujan

"Ada yang dibuang, ditimbun, dibakar, dan 2,6 juta ton dibuang ke aliran sungai," kata pentolan grup Navicula itu dalam jumpa pers virtual The Body Shop, Selasa.

Robi menambahkan, jika produksi dan konsumsi plastik saat ini masih terus berlanjut, maka diperkirakan jumlah sampah plastik yang salah kelola di Indonesia akan meningkat dua kali lipat pada 2025.

Kemudian, Robi mengatakan bahwa praktik Full Circular Economy merupakan salah satu inisiatif penting yang dapat dilakukan produsen dan industri dalam menjawab tantangan polusi plastik.

"Produsen dan industri harus berinovasi untuk mencapai 100 persen produk plastik yang bisa didaur ulang," ujar Robi.

Baca Juga: CETAR! Gaun 'Berbau Politis' ala Ocasio-Cortez di Met Gala 2021, Orang Kaya Kena Sindir Tuh...

Oleh karena itu, The Body Shop meluncurkan program "Bring Back Our Bottles (BBOB) 2.0" yang hadir dengan konsep Full Cilcular Economy dan menyediakan refill station di bawah kampanye #KerenTanpaNyampah.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X