• Jumat, 17 September 2021

Inilah Tujuh Agenda Prioritas Presidensi G20 Menurut Sri Mulyani

- Selasa, 14 September 2021 | 23:00 WIB
Tujuh Agen Prioritas Pembahasan Negara Anggota G20
Tujuh Agen Prioritas Pembahasan Negara Anggota G20

INILAHKORAN- Jakarta- Pemulihan ekonomi secara global menjadi satu dari tujuh agenda prioritas Presidensi G20. Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Agenda lainnya adalah penyusunan prinsip umum pengembangan central bank digital, kemudian pembahasan dampak pandemi Covid-19 baik bidang kesehatan maupun perekonomian.

Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, ada tujuh agenda prioritas jalur keuangan atau finance track yang fokus pada penanganan isu-isu global dan akan dibahas dalam Presidensi G-20 Indonesia.

“Agenda di finance track yang akan dibahas kita nanti ada tujuh agenda,” ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Selasa, 14 September 2021

Menurut Sri Mulyani, agenda pertama adalah koordinasi kebijakan global dalam memulihkan ekonomi termasuk terkait exit policy atau pengurangan intervensi kebijakan makro yang luar biasa dan tidak sustainable secara bertahap dan terkoordinasi oleh negara anggota G20.

Baca Juga: MAKI Lapor ke KPK Terkait Transaksi Mencurigakan TPPU Rita Widyasari

Menurutnya, exit policy ini akan membuat pertumbuhan ekonomi di masing-masing negara maupun global menjadi lebih sustainable.

“Ini bukan masalah mudah karena setiap negara memiliki kondisi yang berbeda-beda,” ujar Sri Mulyani

Agenda kedua adalah terkait dampak pandemi COVID-19 di bidang kesehatan maupun perekonomian seperti adanya supply disruption dan korporasi yang mengalami kesulitan neraca.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X