• Kamis, 28 Oktober 2021

Fakta Ngeri Varian Mu Covid-19, Berpotensi Masuk Indonesia dan Bikin Vaksinasi Sia-sia

- Jumat, 17 September 2021 | 14:03 WIB
Ilustrasi Covid-19. (Antara Foto)
Ilustrasi Covid-19. (Antara Foto)

INILAHKORAN, Bandung- Belum tuntas penanganan penyebaran Covid-19 akibat masifnya penularan varian delta di Indonesia, kini muncul ancaman baru dari varian Mu. Pakar memprediksi varian Mu bahkan berpotensi menghindari kekebalan tubuh.

"Varian ini memiliki mutasi yang memiliki potensi untuk menghindari kekebalan oleh infeksi atau vaksinasi sebelumnya," kata Defriman, Jumat 17 September 2021.

Defriman yang juga Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Cabang Provinsi Sumatera Barat menuturkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) sedang memantau varian Mu.

Ia menuturkan varian Mu pertama kali diidentifikasi di Kolombia dan sekarang setidaknya terdeteksi di 39 negara.

Baca Juga: Setop Nyinyir! Muhammadiyah, NU dan MUI Bela Santri Tutup Telinga

 Menurut Defriman, hasil dari suatu kajian di Jepang mengatakan terdapat netralisasi yang tidakefektif dari varian Mu terhadap plasma konvalesen dan vaksin.

Ia menuturkan varian Mu masih tergolong variant of interest (VoI), dan ada kemungkinan untuk masuk ke Indonesia.

"Mobilitas terus berjalan pada saat pandemi, sangat memungkinkan varian ini bisa muncul jika protokol kesehatan masyarakat dan sistem surveilans yang tidak jeli dalam mendeteksi ini," ujarnya.

Defriman menuturkan upaya yang harus dilakukan pemerintah adalah meningkatkan kewaspadaan agar varian tersebut tidak masuk ke Indonesia. Selain itu, penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat juga harus ditingkatkan dan diawasi.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Heboh Pernyataan Gus Yaqut, Ini Kata Ketua Umum KNPI

Selasa, 26 Oktober 2021 | 11:56 WIB
X