• Selasa, 26 Oktober 2021

Vaksinasi Digeber! 5,2 Juta Dosis Vaksin Sinovac dan Sinopharm Tiba di Indonesia

- Selasa, 21 September 2021 | 16:17 WIB
Petugas mengeluarkan sejumlah envirotainer berisi vaksin COVID-19 Sinovac dari pesawat yang merupakan bagian dari tahap ke 70 kedatangannya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (20/9/2021).  (ANTARA/HO-Kominfo/Rhyadhy Budhy Nugraha/aa. (Handout Kominfo/Rhyadhy Budhy Nugraha))
Petugas mengeluarkan sejumlah envirotainer berisi vaksin COVID-19 Sinovac dari pesawat yang merupakan bagian dari tahap ke 70 kedatangannya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (20/9/2021). (ANTARA/HO-Kominfo/Rhyadhy Budhy Nugraha/aa. (Handout Kominfo/Rhyadhy Budhy Nugraha))

INILAHKORAN, Bandung- Indonesia hari ini kedatangan dua tahap vaksin, total sebanyak 5,2 juta dosis vaksin Sinovac dan Sinopharm.

"Kedatangan vaksin menunjukkan stok vaksin aman," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam keterangan pers diterima di Jakarta, Selasa 21 September 2021.

Vaksin tahap ke-71 yang datang hari ini berupa 5 juta dosis vaksin jadi Sinovac, sementara tahap ke-72 berupa 200 ribu vaksin Sinopharm. Vaksin tersebut merupakan hibah dari Red Cross of Society China melalui mekanisme bilateral.

Total vaksin yang tiba di Indonesia baik dalam bentuk bulk atau bahan baku, maupun bentuk jadi berjumlah 267.550.400 dosis. Sementara itu, total vaksin jadi Coronavac dari Sinovac di Indonesia mencapai 58.776.000.

Baca Juga: Sentra Vaksinasi BPBD Jabar Ditutup, Garut Siapkan Rp1,2 Miliar Lanjutkan Vaksinasi

Pemerintah akan terus mendatangkan vaksin dan segera mendistribusikannya ke seluruh Indonesia. Target pemerintah, pada akhir tahun ini terdapat 70 persen masyarakat yang sudah divaksin.

"Pemerintah berupaya keras agar tidak terjadi kekosongan stok vaksin," kata Johnny.

Pemerintah mengoptimalkan upaya diplomasi antarnegera, baik bilateral maupun multilateral untuk menyediakan vaksin di Indonesia. Kedatangan vaksin ini, menurut Johnny, merupakan salah satu wujud keberhasilan upaya diplomasi pemerintah Indonesia, yang akan terus ditingkatkan dan dioptimalkan.

Menkominfo Johnny mendorong pemerintah daerah, terutama yang capaian vaksinasi masih rendah, untuk melakukan percepatan dan perluasan program vaksinasi.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X