• Senin, 24 Januari 2022

CEK! Fakta-fakta di Balik Rencana Balapan Formula E yang Bikin Anies Baswedan Dicecar Sana-sini

- Kamis, 30 September 2021 | 11:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Inilahcom)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Inilahcom)

INILAHKORAN, Bandung- Gubernur Jakarta Anies Baswedan dikritik habis-habisan lantaran berencana menggelar balapan Formula E di Monas, tahun depan. Sebenarnya, apa saja fakta-fakta di balik Formula E yang bikin heboh ini?

Dengan bergulirnya kritik pedas terhadap Anies Baswedan dari berbagai pihak dalam beberapa hari terakhir, Pemprov DKI akhirnya memberi klarifikasi. Bantahan-bantahan pun disampaikan seperti dikutip Inilah.com dari keterangan resmi Pemprov DKI berikut ini:

Pemborosan Ekonomi

"Faktanya, hampir semua event dunia (Asian Games, Olimpiade, Formula 1, MotoGP, Formula E) membutuhkan dana dari pemerintah; termasuk Asian Games 2018 dan Moto GP Mandalika Maret 2022," ujar Pemprov DKI dalam keterangan tertulisnya.

Gelaran tersebut bakal memberi manfaat ekonomi hingga reputasi. Stimulus ekonomi dan multiplier efek yang ditimbulkan dari gelaran ajang balap mobil listrik tersebut. Sementara citra Jakarta bahkan Indonesia akan semakin mendunia jika berhasil membawa kalender balap Formula E ke Jakarta. Sehingga bisa menstimulus turisme dan investasi.

Baca Juga: Heboh PSI Pecat Kadernya Viani Limardi, Politisi Demokrat: Karena Sering Bela Anies

Pemprov juga menjawab soal sentimen negatif yang 'katanya' gelaran Formula E hanya untung jika dilaksanakan dalam 5 tahun berturut. Dan 'katanya' lagi, hanya 2 kota yang melaksanakan secara berturut-turut, rugi juga akhirnya.

"Investasi infrastruktur jadi optimal jika dimanfaatkan bukan hanya untuk sekali penyelenggaraan," jawab Pemprov DKI.

Selain itu, Pemprov juga memperbaharui informasi bahwa penyelenggaraan Formula E secara 5 kali berturut-turut telah di review ulang akibat pandemi Covid-19."Hasil kesepakatan Jakpro dengan FEO (Formula E Operations), adalah periode pelaksanaan disesuaikan 3 tahun, yaitu 2022, 2023, dan 2024," fakta lagi dari Pemprov DKI.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Sumber: inilah.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gampang Marah? Baca Doa Ini Supaya Hati Tenang

Senin, 24 Januari 2022 | 21:33 WIB

Jadwal SIM Keliling Jakarta Senin 24 Januari 2022

Senin, 24 Januari 2022 | 07:42 WIB
X