Tetapkan 3.101 Komponen Cadangan, Ini Pesan Tegas Jokowi untuk Anggota Komcad

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 13:00 WIB
Penetapan sebanyak 3.101 anggota Komponen Cadangan Tahun 2021. (INILAHKORAN/Agus Satia Negara)
Penetapan sebanyak 3.101 anggota Komponen Cadangan Tahun 2021. (INILAHKORAN/Agus Satia Negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Sebanyak 3.101 anggota Komponen Cadangan Tahun 2021 ditetapkan Presiden RI Joko Widodo, pada Kamis 7 Oktober 2021 di Lapang Pusdikpassus, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Perlu diketahui, pembentukan Komponen Cadangan tersebut tertuang dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara.

Setiap warga negara dalam berbagai profesi yang berusia 18-35 tahun bisa mendaftarkan diri secara sukarela untuk menjadi komponen cadangan guna memperkuat dan memperbesar komponen utama, terutama dalam menjaga kedaulatan NKRI, baik di darat, laut maupun udara.

Baca Juga: Menhan Prabowo Subianto Tinjau Latihan 2.500 Siswa Komponen Cadangan di Bandung

Dari pantauan INILAHKORAN, Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto mengatakan, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

"Sistem pertahanan dan keamanan negara yang bersifat semesta melibatkan seluruh sumber daya nasional yang dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total terpadu dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara menjaga keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman," beber Prabowo dalam laporannya, Kamis 7 Oktober 2021.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang pertahanan negara, lanjut dia, mengamanatkan mengenai usaha bela negara komponen cadangan dan komponen pendukung yang telah diatur dalam undang-undang.

Baca Juga: Moeldoko Sebut Banser Layak Jadi Komponen Cadangan

Ia menerangkan, pelaksanaan kegiatan tahapan pembentukan komponen cadangan dimulai dengan pendaftaran yang digelar pada 17-31 Mei 2021.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yaqut Bantah Dana Haji Dipakai Pembangunan IKN

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:45 WIB
X