• Minggu, 5 Desember 2021

Sebut Kementrian Agama Hadiah untuk NU, Yusril ke Yaqut: Bikin Gaduh Saja

- Senin, 25 Oktober 2021 | 22:30 WIB
Yusril Ihza Mahendra.
Yusril Ihza Mahendra.

INILAHKORAN, Bandung-Mantan Menteri Hukum dan HAM, Yusril Ihza Mahendra angkat biacara terkait pernyataan konstroversi Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Yaqut yang mengatakan Kementerian Agama adalah hadiah negara untuk NU itu menimbulkan kegaduhan publik hingga memunculkan #PecatYaqut di media sosial Twitter.

Yusril mengatakan pernyataan Yaqut itu hanya membuat gaduh. Dia menyebut ucapan Yaqut ditak bermanfaat sama sekali bagi kemaslahatan umat.

"Ucapan Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas tentang Kemeng bukan "hadiah" kepada umat Islam pada umumnya, tetapi hadiah khusus untuk NU hanya bikin gaduh saja. Ucapan seperti itu tidak ada manfaatnya bagi kemaslahatan umat Islam dari ormas manapun juga," cuit Yusril di akun twitternya.

Baca Juga: Heboh Nama Jalan Kemal Attaturk, Yusril: Akibat dari Permintaan Pemerintah RI

Ketum Partai Bulan Bintang itu menilai pernyataan Yaqut bisa mengganggu kerukunan internal umat beragama.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa tugas Kementerian Agama seharusnya menjaga kerukunan internal dan antar umat beragama.

"Kalau kita gunakan istilah zaman Orde Baru dulu, ucapan Menag itu dapat mengganggu kerukunan internal umat beragama. Padahal salah satu tugas Kementerian Agama adalah menjaga dan memelihara kerukunan internal dan antar umat beragama," ucap Yusril.

Baca Juga: Komentari Yusril Ajukan Judicial Riview AD/ART ke MA, Feri Amsari: Aneh Betul Dunia Tata Negara Kita

Yusril menerangkan bahwa keberadaan Kementerian Agama bukanlah hadiah dari siapa pun. Menurutnya lembaga ini hadir sebagai konsekuensi logis dari negara yang berdasar pancasila ini.

"Bagi saya yang mempelajari hukum tatanegara dan sejarah ketatanegaraan RI, keberadaan Kementerian Agama itu bukanlah "hadiah" dari siapapun. Keberadaan Kementerian Agama itu adalah konsekuensi logis dari negara berdasarkan Pancasila yang kita sepakati bersama," terangnya.*** (Yosep Saepul Ramdan)

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Penyebab Erupsi Gunung Semeru Kata Ahli ITB

Minggu, 5 Desember 2021 | 13:13 WIB

Pelaku Pamer Payudara Di YIA Ditangkap Di Bandung

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:46 WIB

Gunung Semeru Meletus, Warga Berlarian Panik

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:00 WIB
X