• Minggu, 29 Mei 2022

Songsong Vaksin Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

- Kamis, 4 November 2021 | 14:57 WIB
Vaksinator memberikan suntikan vaksin Covid-19 kepada peserta vaksinasi. (syamsuddin nasoetion)
Vaksinator memberikan suntikan vaksin Covid-19 kepada peserta vaksinasi. (syamsuddin nasoetion)

INILAHKORAN, Bandung - Kini vaksin Covid-19 yang diproduksi di Bio Farma mendapatkan persetujuan izin penggunaan darurat untuk anak usia 6 hingga 11 tahun.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan emergency use authorization (EUA) untuk semua jenis vaksin yang diproduksi Bio Farma. Mulai dari produk vaksin Sinovac, CoronaVac, dan Covid-19 Bio Farma.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyambut baik dikeluarkannya EUA dari vaksin Covid-19 ini. Pasalnya, Ketua IDAI Piprim B Yanuarso mengatakan Indonesia termasuk negara yang angka kematian anak cukup tinggi yang diakibatkan Covid-19.

Menurutnya, hasil uji klinis untuk anak-anak itu tentunya menekankan pada aspek keamanan dan aspek dari imunogenisitasnya. Hasilnya menunjukkan persentase yang cukup tinggi yaitu 96%, dan untuk efikasi mengikuti data yang sudah ada sebelumnya. Artinya, vaksin Covid-19 itu aman untuk anak usia 6 hingga 11 tahun.

Baca Juga: Pemkot Bandung Tunggu Pemerintah Pusat Soal Vaksinasi Anak 6 -11 Tahun

“Kami dari IDAI sangat menyambut baik, dengan adanya izin untuk penggunaan vaksinasi Covid-19 pada usia 6 hingga 11 tahun. Kami siap membantu menyukseskan program vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak 6 hingga 11 tahun sebagaimana yang sebelumnya untuk remaja juga kami juga sudah membantu,” kata Piprim B Yanuarso, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Piprim B Yanuarso mengajak para orang tua untuk jangan ragu membawa putra-putrinya melakukan vaksinasi Covid-19. Sebab, anak-anak selain bisa tertular juga bisa menularkan Covid-19 kepada anak-anak yang lain.

Terlebih, saat ini banyak yang tidak menunjukan gejala Covid-19 sehingga dapat berpotensi menularkan kemana-mana terutama jika menularkan kepada keluarga lainnya yang mungkin memiliki komorbid.

Baca Juga: Buah Kolaborasi, Capaian Vaksinasi Kota Bandung Terus Meroket

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X