• Sabtu, 4 Desember 2021

Unik dan Hanya di Penajam Paser Utara, Calon Kades di Pilkades Wonosari Ingin Lawannya Menang

- Selasa, 23 November 2021 | 15:21 WIB
Sepasang suami istri sebagai peserta Pilkades Wonosari di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Sepasang suami istri sebagai peserta Pilkades Wonosari di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

INILAHKORAN, Penajam – Ada yang unik dari pilkades serentak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Seorang calon pada Pilkades Wonosari, Kecamatan Sepaku, justru berharap lawannya yang menang.

Emilia Kartika, calon kepala desa di Desa Wonosari, Kabupaten Penajam Paser Utara, menyarankan warga desanya untuk mencoblos Kasiyono, rival satu-satunya. Tak heran karena Kasiyono adalah juga suaminya sebagai calon petahana di Pilkades Wonosari.

Emilia Kartika pada Pilkades Wonosari mendapatkan undian nomor urut 01. Sedangkan Kasiyono dengan nomor urut 02. Dia meminta warga Desa Wonosari untuk mencoblos nomor urut 02, bukan nomor 01.

“Saya mencalonkan menjadi kades pada detik-detik terakhir penutupan penyerahan formulir pendaftaran karena hingga tanggal akhir batas penyerahan formulir pendaftaran, hanya suami saya yang daftar. Jika hanya ada satu calon, pilkades akan ditunda,” kata Emilia Kartika.

Baca Juga: Gugatan Pekerja PT Greaty Sukses Abadi Dikabulkan Hakim, Perusahaan Harus Bayar Rp2,7 Miliar

Batas waktu penyerahan formulir pendaftaran calon kepala desa (kades) pada tanggal 21 September 2021. Namun, jika pelamar calon kades dalam satu desa yang mendaftar hanya ada satu calon, waktu pendaftaran diperpanjang 20 hari.

Saat pencalonan Pilkades Wonosari enam tahun lalu, Kasiyono memperoleh suara 80 persen, sedangkan dua rivalnya total suara mereka 20 persen.

“Enam tahun lalu jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Wonosari tercatat 700-an orang, kemudian yang datang menyalurkan suara ada 600-an orang. Dari total suara tersebut, saya mendapat suara 80 persen,” katanya.

Baca Juga: Lima Pemain Narkoba Ditangkap Polisi PPU, Ternyata Terbanyak dari Penajam

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Bubarkan Massa Reuni 212 di Sarinah

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:30 WIB
X