• Kamis, 20 Januari 2022

Omicron Lebih Ganas dari Varian Delta! Bisa Jadi Kebal Vaksinasi Kata Epidemiologi Defriman Djafri

- Selasa, 30 November 2021 | 09:28 WIB
Varian Omicron Covid-19 diyakini lebih ganas dan juga mengancam masyarakat yang sudah divaksinasi ganda. (InilahKoran/Antara)
Varian Omicron Covid-19 diyakini lebih ganas dan juga mengancam masyarakat yang sudah divaksinasi ganda. (InilahKoran/Antara)

INILAHKORAN, Bandung- Varian Omicron (B.1.1.529) Covid-19 diyakini memiliki tingkat penyebaran lebih tinggi. Masyarakat yang sudah divaksinasi ganda tetap terancam terpapar.

Omicron, disebut Ahli Epidemiologi dari Universitas Andalas, Defriman Djafri merupakan varian Covid-19 yang lebih ganas dari varian sebelumnya seperti Delta.

Defriman Djafri meminta masyarakat termasuk yang sudah menjalani vaksinasi ganda untuk waspada terhadap penyebaran varian Omicron ini.

"Omicron menyebar lebih cepat dan dapat menyebar di antara orang-orang yang sudah divaksinasi ganda atau dua kali," kata Defriam Djafri seperti dikutip InilahKoran dari Antara.

Baca Juga: Imbas Munculnya Varian Omicron Covid-19, Duel Young Boys vs MU Dipindahkan

Defriman Djafri menuturkan ada mutasi yang ekstensif dan secara signifikan dari sebelumnya, dan akibatnya sebagian dapat melewati perlindungan vaksin.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Omicron dengan status variant of concern (VoC), dan meyakini Omicron lebih mudah menular dari orang ke orang.

Variant of concern adalah varian virus corona yang menyebabkan peningkatan penularan dan kematian. Dan Omicron termasuk di dalamnya.

Bahkan, varian virus corona yang masuk dalam kategori ini termasuk Omicron disebut memiliki kemampuan dalam memengaruhi efektivitas vaksin.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X