• Senin, 16 Mei 2022

Ini Gelaja-gejala Terpapar Varian Omicron Covid-19, Risiko Kematian Jauh Lebih Tinggi?

- Selasa, 30 November 2021 | 09:42 WIB
Varian Omicron Covid-19 diyakini lebih ganas dan cepat menular ketimbang varian lainnya. (InilahKoran/Antara)
Varian Omicron Covid-19 diyakini lebih ganas dan cepat menular ketimbang varian lainnya. (InilahKoran/Antara)

INILAHKORAN, Bandung- Indonesia dan negara-negara lain mulai mewaspadai penyebaran Varian Omicron Covid-19. Seperti apa gelaja terpapar Omicron?

Ahli Epidemiologi dari Universitas Andalas, Defirman Djafri menjelaskan gelaja-gejala seseorang terpapar varian Omicron.

Menurutnya, gejala seseorang terpapar varian Omicron tak jauh berbeda dengan kasus penyebaran varian sebelumnya seperti Delta.

Baca Juga: Omicron Lebih Ganas dari Varian Delta! Bisa Jadi Kebal Vaksinasi Kata Epidemiologi Defriman Djafri

Biasanya, orang yang terpapar Covid-19 akan mengalami demam tinggi, sesak nafas, kehilangan penciuman, hingga masalah pada pencernaan.

Hanya saja, Defirman Djafri meyakini varian Omicron lebih cepat menyebar bahkan terhadap masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi ganda.

"Omicron menyebar lebih cepat dan dapat menyebar di antara orang-orang yang sudah divaksinasi ganda atau dua kali," katanya seperti dikutip InilahKoran dari Antara.

Baca Juga: Imbas Munculnya Varian Omicron Covid-19, Duel Young Boys vs MU Dipindahkan

Varian Omicron ditetapkan WHO sebagai variant of concern (VoC). Varian Covid-19 dengan status Voc disebut-sebut menyebabkan penularan dan kematian lebih tinggi dari varian lain.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X