• Jumat, 1 Juli 2022

Risiko Lonjakan Kasus Gelombang Ketiga, Masyarakat Diimbau Tunda Liburan Nataru

- Selasa, 30 November 2021 | 19:29 WIB
Untuk menghindari lonjakan kasus gelombang ketiga, masyarakat diimbau bisa menunda Liburan Nataru akhir tahun ini. (Istimewa)
Untuk menghindari lonjakan kasus gelombang ketiga, masyarakat diimbau bisa menunda Liburan Nataru akhir tahun ini. (Istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Untuk menghindari lonjakan kasus gelombang ketiga, masyarakat diimbau bisa menunda Liburan Nataru akhir tahun ini.

Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Sudirman mengatakan, pemerintah telah mengeluarkan aturan resmi pelaksanaan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia. Aturan untuk menghindari lonjakan kasus gelombang ketiga itu berlaku selama periode Liburan Nataru.

Menurutnya, imbauan dan regulasi lain juga telah ditetapkan guna menekan risiko lonjakan kasus gelombang ketiga karena peningkatan mobilitas masyarakat. Pada masa Liburan Nataru itu tercantum dalam Inmendagri Nomor 62 Tahun 2021.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19 Gelombang Ketiga, ASN Cimahi Dilarang Cuti Nataru 2021

“Regulasi tersebut dalam rangka mengantisipasi agar masyarakat kita saat Liburan Nataru berada di wilayah masing-masing. Tunda liburan ini untuk keselamatan kita maupun saudara-saudara kita,” ujar Sudirman saat Dialog dari Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) KPCPEN, Selasa 30 November 2021.

Sedangkan, Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting memaparkan pentingnya terus membangun kewaspadaan masyarakat bahwa pandemi
belum selesai.

“Kendati ada pelonggaran, tapi kita harus tetap waspada karena virus masih ada. Harus dibatasi supaya tidak ada mobilitas yang tinggi. Harus jadi atensi kita untuk mempertahankan level PPKM yang sudah ada,” tutur Alex.

Baca Juga: Gelombang Ketiga Covid 19 Mengancam, Amalkan Doa dari Nabi Ini untuk Perlindungan

Kalau pun memang harus melakukan perjalanan antardaerah, Alex meminta masyarakat mematuhi aturan pemerintah seperti keharusan vaksinasi, menggunakan PeduliLindungi, memastikan kesehatan sebelum bepergian, aturan ganji genap, juga menerapkan tes PCR atau antigen sesuai tujuan dan moda transportasi yang digunakan.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X