• Selasa, 17 Mei 2022

Pengumuman! Bantuan BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Cair Desember 2021, Jumlah Penerima Ditambah

- Kamis, 2 Desember 2021 | 11:40 WIB
BLT Rp1 juta cair Desember 2021 untuk para pekerja/buruh (Inilahkoran)
BLT Rp1 juta cair Desember 2021 untuk para pekerja/buruh (Inilahkoran)

INILAH KORAN, Bandung - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali menyalurkan bantuan BLT Subsidi Gaji Rp1 juta cair Desember 2021.

Hal tersebut diketahui melalui unggahan di akun resmi Instagram Kemnaker pada Rabu 1 Desember 2021. Dalam unggahan tersebut Kemnaker menginformasikan, bahwa pemerintah akan memperluas cakupan wilayah penerima bantuan BLT Subsidi Gaji Rp1 juta cair Desember 2021.

Pemerintah memastikan akan mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan pemerintah berupa bantuan BLT Subsidi Gaji Rp1 juta cair Desember 2021. Bantuan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya PHK sebagai akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Catat! Daftar Lengkap Kenaikan UMK di Jawa Barat Tahun 2022

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengatakan bahwa kebijakan BSU dikeluarkan untuk mencegah pengusaha memutuskan hubungan kerja dengan pekerjanya, serta membantu pekerja yang dirumahkan.

"Pemberian BSU diharapkan mampu meningkatkan daya beli dan menjaga tingkat kesejahteraan pekerja/buruh. Adanya BSU juga diharapkan mampu membantu meringankan beban pengusaha untuk dapat mempertahankan usahanya di masa pandemi Covid-19," kata Menaker Ida melalui Siaran Pers Biro Humas beberapa waktu lalu.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, tidak semua masyarakat dapat menerima bantuan BLT Subsidi Gaji Rp1 juta cair Desember 2021. Karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Baca Juga: Antisipasi Kerumunan Reuni 212, Polda Metro Terapkan Pengalihan Arus Lalu Lintas di Kawasan Patung Kuda

Syarat dapat BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta
-Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK
Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan s/d Juni 2021
-Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta. Pekerja/Buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3.500.000 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh. Sebagai contoh: Upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp 4.798.312 dibulatkan menjadi Rp 4.800.000
-Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah
Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK)
-Kriteria terakhir adalah pekerja/buruh pada sektor yang terdampak PPKM antara lain industri barang konsumsi, perdagangan dan jasa (kecuali jasa Pendidikan dan Kesehatan), transportasi, aneka industri, properti dan real estate.

Baca Juga: Kemnaker Tambah 1,7 Juta Penerima BSU 2021, Cek Nama Penerimanya di Sini

Besaran BSU yang diberikan kepada pekerja/buruh sebesar Rp1 Juta diberikan sekaligus melalui transfer bank.

"Sekali lagi saya tekankan bahwa BSU merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap pekerja dan pengusaha di masa sulit akibat pandemi Covid-19," kata Menaker Ida.***(Rinda Suherlina)

Editor: Firda Rachmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yaqut Bantah Dana Haji Dipakai Pembangunan IKN

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:45 WIB
X