• Senin, 24 Januari 2022

PVMBG Pastikan Status Gunung Semeru Masih Level Waspada, Ancaman Bahaya Awan Panas Masih Mengintai

- Minggu, 5 Desember 2021 | 20:50 WIB
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan status Gunung Semeru masih berstatus level waspada. Ancaman awan panas masih harus terus diwaspadai. (Kantor Berita Antara)
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan status Gunung Semeru masih berstatus level waspada. Ancaman awan panas masih harus terus diwaspadai. (Kantor Berita Antara)

INILAHKORAN,Lumajang,- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan Gunung Semeru masih berstatus level waspada.

PVMBG mengungkapkan, berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, serta potensi ancaman bahayanya, maka tingkat aktivitas Gunung Semeru berstatus waspada.

PVMBG menilai, meskipun aktivitas Gunung Semeru meningkat, namun dinilai dari potensi ancaman bahaya Gunung Semeru masih pada level II atau waspada.

Baca Juga: Update Korban Erupsi Gunung Semeru 5 Desember 2021: 13 Orang Tewas, 41 Orang Alami Luka Bakar

Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kristianto mengungkapkan, hasil pemantauan visual dan instrumental, maupun potensi ancaman bahayanya Gunung Semeru masih berstatus waspada.

"Pengamatan visual menunjukkan pemunculan guguran dan awan panas guguran diakibatkan oleh ketidakstabilan endapan lidah lava," kata Kristianto seperti dikutip inilahkoran.com dari Kantor Berita Antara, Minggu, 5 Desember 2021.

Menurut Kristianto, aktivitas yang terjadi pada tanggal 1 dan 4 Desember merupakan aktivitas permukaan (erupsi sekunder) dan dari kegempaan tidak menunjukkan adanya kenaikan jumlah dan jenis gempa yang berasosiasi dengan suplai magma/batuan segar ke permukaan.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, BNPB Kirimkan Bantuan untuk Para Korban di Pengungsian

"Jumlah dan jenis gempa yang terekam selama 1 hingga 30 November 2021 didominasi oleh gempa-gempa permukaan berupa gempa letusan dengan rata-rata 50 kejadian per hari," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gampang Marah? Baca Doa Ini Supaya Hati Tenang

Senin, 24 Januari 2022 | 21:33 WIB

Jadwal SIM Keliling Jakarta Senin 24 Januari 2022

Senin, 24 Januari 2022 | 07:42 WIB

Jadwal SIM Keliling Jakarta 22 Januari 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 | 07:46 WIB
X