• Senin, 24 Januari 2022

Pengungsian Korban Erupsi Semeru di Zona Rawan Dipindahkan

- Senin, 6 Desember 2021 | 11:38 WIB
Sejumlah warga mengungsi di Balai Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Sejumlah warga mengungsi di balai desa tersebut akibat letusan Gunung Semeru. ANTARA FOTO/Seno/hp. (SENO)
Sejumlah warga mengungsi di Balai Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Sejumlah warga mengungsi di balai desa tersebut akibat letusan Gunung Semeru. ANTARA FOTO/Seno/hp. (SENO)

INILAHKORAN, Jakarta- Pemerintah memindahkan korban erupsi Gunung Semeru yang mengungsi di dua desa yang rawan terdampak erupsi susulan ke desa yang dinilai lebih aman di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

​​​​​​"Ada beberapa tempat pengungsian yang rawan terdampak erupsi susulan, yakni di lokasi pengungsian di Desa Curah Kobokan dan Desa Sumberwuluh," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy seperti dikutip dari Antara, Senin 6 Desember 2021.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah yang diterima di Jakarta, Senin, Muhadjir mengatakan bahwa warga yang mengungsi di dua desa itu akan dipindahkan ke pengungsian di Desa Penanggal yang dianggap lebih aman dari erupsi susulan Gunung Semeru.

Baca Juga: Bak Film Horor, Begini Suasana Saat Tim Evakuasi Berusaha Cari Korban Erupsi Gunung Semeru

"Karena tempat yang dijadikan penampungan di dua desa itu rawan, termasuk zona merah. Kita khawatir kalau ada erupsi susulan atau seandainya ada hujan deras, maka lahar yang tertahan di atas akan turun," katanya.

Muhadjir menjelaskan pula bahwa Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah diminta membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Darurat Bencana yang anggotanya terdiri atas Komandan Resor Militer, Bupati, dan Kepala Kepolisian Resor untuk memudahkan koordinasi upaya tanggap bencana hingga rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-bencana.

Selain itu, menurut dia, pemerintah sudah membentuk posko penanggulangan darurat bencana untuk mendukung kegiatan relawan dan lembaga kemanusiaan yang membantu penanganan dampak erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: Korban Luka Bakar Akibat Awan Panas Semeru Dirawat di RSUD Pasirian

"Sekarang mereka semua sudah bergerak. Dan InsyaAllah penanganannya semua lancar," kata Muhadjir.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Jakarta Senin 24 Januari 2022

Senin, 24 Januari 2022 | 07:42 WIB

Jadwal SIM Keliling Jakarta 22 Januari 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 | 07:46 WIB
X