• Sabtu, 22 Januari 2022

Keren...Tolak Pemberian Pengusaha Batubara, Pak Kades dari Kotabaru Diganjar Penghargaan KPK

- Senin, 6 Desember 2021 | 13:00 WIB
KPK panggil Anggota DPRD Bintan sebagai saksi untuk tersangka Bupati Bintan non aktif AS. (Ilustrasi/Antara Foto)
KPK panggil Anggota DPRD Bintan sebagai saksi untuk tersangka Bupati Bintan non aktif AS. (Ilustrasi/Antara Foto)

INILAHKORAN, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK memberikan penghargaan kepada tujuh pelapor gratifikasi dalam rangkaian Hari Antikorupsi Dunia 2021. Salah satunya kepala desa di Kotabaru, Kalimantan Selatan.

"Kami mewakili pimpinan merasa bangga atas kehadiran bapak ibu sekalian. Bapak ibu cerminan dari nilai-nilai integritas yang selalu kami junjung," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata di Jakarta, Senin, 6 Desember 2021.

KPK menyatakan tidak mudah bagi siapapun untuk menolak gratifikasi, bahkan melaporkan gratifikasi kepada KPK. Dia memahami betul kesulitan itu.

Ada tiga kategori penghargaan pengendalian gratifikasi, yaitu pelapor gratifikasi inspriratif 2021, insan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) 2021 serta Jaga Data dan Mascot Challenge 2021.

Baca Juga: Fakta, KPK: Tingkat Kesadaran Pelaporan Gratifikasi Masih Rendah

Dalam kesempatan itu, Alex mengatakan lembaganya saat ini sedang mengevaluasi agar bagaimana para penerima gratifikasi itu terdorong untuk melaporkan.

"Kami kencangkan untuk melakukan upaya-upaya pemeriksaan terhadap gratifikasi, laporan masyarakat, dan juga dari LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara). Mungkin bapak ibu sebagian bukan sebagai wajib lapor LHKPN karena bukan sebagai penyelenggara negara atau pejabat negara tetapi bagi para penyelenggara negara atau pejabat negara wajib lapor LHKPN," ucap Alex.

KPK, kata dia, mempunyai instrumen untuk diperbolehkan membuka rekening atau menelusuri aset-aset dari penyelenggara negara maupun penjabat negara.

Baca Juga: Anies: Media Bisa Bantu Ungkap Fitnah Gratifikasi Rumah Mewah

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tangkap Semua Pelaku Pengeroyokan Anggota TNI

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:59 WIB

Komedian Fico Fachriza Sudah Ajukan Rehabilitasi

Kamis, 20 Januari 2022 | 18:36 WIB
X