Pengumuman! PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 23 Desember 2021

Pemerintah kembali memperpanjang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) luar Jawa-Bali hingga tanggal 23 Desember 2021.

Pengumuman! PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 23 Desember 2021
Pengumuman! PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 23 Desember 2021

INILAHKORAN, Bandung – Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) luar Jawa-Bali hingga tanggal 23 Desember 2021.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekenonomian Airlangga Hartarto. Menurutnya kebijakan tersebut sebagai upaya mengendalikan pandemi COVID-19.

“Khusus di luar Jawa-Bali akan ada perpanjangan PPKM (dari) tanggal 7 sampai dengan 23 Desember 2021,” ujar Airlangga dalam keterangan pers pada, Senin 06 Desember 2021.

Baca Juga: Instruksi RY Gusur Makam di Stadion Pakansari Gagal, Ini Sebabnya Petilasan Eyang Surya Kencana Masih Kokoh

Airlangga mengatakan, ada 386 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali daerah yang berada pada PPKM Level 1.

"Sebanyak 129 daerah, meningkat dari sebelumnya 51 kabupaten/kota; Level 2 di 193 daerah, meningkat dari sebelumnya 175 kabupaten/kota. Kemudian Level 3 menurun dari 160 menjadi 64 kabupaten/kota dan tidak ada daerah di Level 4," kata Airlangga.

Smentara indikator penerapan PPKM tersebut dilihat berdasarkan level asesmen situasi pandemi serta mempertimbangkan capaian vaksinasi di kabupaten/kota.

Baca Juga: Beredar Video Risma Urug Lubang di Jalan Pakai Tangan Kosong, Netizen: Ga Ngaruh Sih Pungut Batu Satu Persatu

Lebih lanjut Airlangga menerangkan situasi pandemi di Indonesia saat ini. Kasus aktif per 5 Desember sebanyak 7.526 kasus atau 0,18% dari total kasus dan di bawah rata-rata global yang sebesar 7,91 persen. Sedangkan kasus konfirmasi harian per 5 Desember sebanyak 196 kasus dan rata-rata 7 hari (7DMA) sebesar 250 kasus.

“Seluruh angka reproduction rate-nya di bawah satu, jadi seluruh pulau (reproduction rate-nya) di bawah satu,” ujarnya.

Airlangga menerangkan, kasus COVID-19 di Indonesia baik di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali mengalami tren penurunan kasus.

Baca Juga: Revitalisasi Alun-Alun Bandung Rampung, Rencana Minggu Ini Diresmikan

“Tren penurunan (kasus COVID-19) di luar Jawa-Bali maupun Jawa-Bali ini secara konsisten turun,” ujarnya.***(Rinda Suherlina)


Editor : inilahkoran