• Minggu, 23 Januari 2022

Oh, Ternyata Begini Cerita Bu Kades Sungup Kanan Aisyah, Terima Sekantong Duit Rp50 Juta Lalu Serahkan ke KPK

- Selasa, 7 Desember 2021 | 14:08 WIB
Logo KPK.  (ANTARA/Benardy Ferdiansyah.)
Logo KPK. (ANTARA/Benardy Ferdiansyah.)

INILAHKORAN, Bandung – Aisyah, Kepala Desa Sungup Kanan, Kabupaten Kotabaru, dapat penghargaan dari KPK karena mengembalikan gratifikasi. Bagaimana kisahnya?

Aisyah, Kepala Desa Sungup Kanan, termasuk satu dari tujuh orang yang menerima penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka dianggap sebagai teladan dalam pemberantasan korupsi.

Sebagai Kepala Desa Sungup Kanan, Aisyah melaporkan pemberian uang tunai Rp50 juta dari sebuah perusahaan tambang batubara di Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Ceritanya, pada tahun 2020, terjadi sengketa tanah antara sejumlah warga desa dengan salah satu perusahaan tambang batu bara. Saat itu, terjadi  overlapping antara sejumlah tanah milik warga Desa Sungup Kanan dengan sertifikat hak pakai atas nama PT STC.

Baca Juga: Keren...Tolak Pemberian Pengusaha Batubara, Pak Kades dari Kotabaru Diganjar Penghargaan KPK

Pelapor selaku Kepala Desa Sungup Kanan berupaya untuk melindungi hak warga setempat untuk meminta ganti rugi dan memimpin mediasi warga dengan pihak perusahaan di Kantor Pertanahan (BPN) Kotabaru.

Salah satu perwakilan perusahaan yang tidak dikenal sebelumnya datang menemui Aisyah dan ingin membicarakan tentang penundaan urusan sengketa tanah warga di BPN Kotabaru.

Ketika hendak pulang, pemberi mengatakan ada titipan dari perusahaan dan memberikan sebuah kantong plastik hitam yang berisi uang tunai Rp50 juta. Setelah memberikan kantong tersebut, pihak pemberi bergegas pergi.

Baca Juga: KPK Dalami Aliran Uang Dugaan Korupsi PUPR Kota Banjar

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Tangkap Semua Pelaku Pengeroyokan Anggota TNI

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:59 WIB

Komedian Fico Fachriza Sudah Ajukan Rehabilitasi

Kamis, 20 Januari 2022 | 18:36 WIB
X