• Senin, 23 Mei 2022

Terbukti...IKN Baru Tak Bebas Banjir, Air Meluap Rendam Rumah Warga di Sepaku Penajam Paser Utara

- Kamis, 30 Desember 2021 | 11:35 WIB
Banjir melanda Kecamatan Sepaku di Penajam Paser Utara. Kecamatan Sepaku adalah wilayah calon ibu kota negara baru. (BPBD PPU)
Banjir melanda Kecamatan Sepaku di Penajam Paser Utara. Kecamatan Sepaku adalah wilayah calon ibu kota negara baru. (BPBD PPU)

INILAHKORAN, Penajam – Kali ini, bukan lagi tetangga, tapi kawasan ibu kota negara (IKN) baru yang terendam banjir. Banjir terjadi di Kecamatan Sepaku, tepatnya Kelurahan Pemaluan, Penajam Paser Utara.

Banjir di Sepaku, sebagaimana dikutip dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara, terjadi pada Kamis, 30 Desember 2021, mulai pukul 05.00 Wita.

Banjir di Sepaku, calon pusat IKN baru, melanda dua rukun tetangga. Air meluap dan menggenangi RT 02 dan RT 05.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebenarnya sudah mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya hujan pada sore dan malam hari sebelumnya.

Baca Juga: Terjadi Lagi, Daerah Tetangga IKN Baru Penajam Paser Utara Dilanda Banjir, Kali Ini di Desa Bukit Subur

Dalam prakiraannya, BMKG menyatakan akan terjadi hujan sedang hingga lebat dengan intensitas tinggi pada Rabu, 29 Desember 2021.

Kenyataannya, hujan yang terjadi di wilayah Kelurahan Pemaluan mulai turun sejak pukul 21.00 Wita. Hujan berlangsung hingga dinihari.

Akibatnya gampang ditebak, air sungai meluap dan berdampak pada naiknya tinggi muka air (TMA). Ujungnya, halaman dan rumah warga yang berada di wilayah rendah dan dekat dengan pinggran Sungai Pemaluan pun kebanjiran.

Baca Juga: Mendagri Tegur Daerah Realisasi APBD Rendah, Termasuk Cimahi, Penajam Paser Utara, dan Singkawang

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terbaru! Syarat Naik Kereta Api Bulan Mei 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:15 WIB

Kejagung Panggil Bos Alfamart, Ada Apa?

Jumat, 20 Mei 2022 | 16:49 WIB

Pemerintah Kembali Izinkan Ekspor Minyak Goreng

Kamis, 19 Mei 2022 | 20:30 WIB
X