• Jumat, 1 Juli 2022

Menang Yaqut Diprotes Hanya Tunjuk 9 Anggota Majelis Masyayikh

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 08:55 WIB
Menteri Agama Gus Yakut (Pikiran Rakyat)
Menteri Agama Gus Yakut (Pikiran Rakyat)

INILAHKORAN, Bandung - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dianggap telah ceroboh dalam menetapkan formasi anggota Majelis Masyayikh Pesantren yang baru dilantiknya pada Kamis, 30 Desember 2021.

Pasalnya, Menag hanya memilih 9 orang dari 17 orang kompisisi yang disarankan oleh Ahlul Halli wa Aqdi (AHWA).

Menurut salah seorang anggota AHWA, KH. Ahmad Taufik dari Pesantren Salafiyah Pasuruan, AHWA telah menjaring 21 nama calon anggota MM, dan berdasarkan musyawarah mufakat sebagaimana diatur dalam pasal 75 (2) PMA 31/2020, menyarankan kepada Menag untuk menetapkan 17 orang diantaranya. Hal ini, supaya keterwakilan varian pesantren terakomodir.

Senada, Dr. Agus Budiman juga menyampaikan bahwa anggota AHWA selama menjalankan tugasnya belum pernah bertemu dengan Menag. Beberapa kali diagendakan, namun tak terlaksana.

Baca Juga: Heboh Pernyataan Gus Yaqut, Ini Kata Ketua Umum KNPI

"Mestinya ketemulah, supaya Menag bisa mendengar alasan secara komprehensif dari penjaringan nama-nama itu" ujarnya.

Dalam UU Pesantren 18/2019, Pasal 3 disebutkan bahwa anggota MM berjumlah ganjil, sedikitnya 9 dan sebanyak-banyaknya 17 orang.

Alih-alih menetapkan 17 orang sesuai amanat AHWA, Menag malah hanya memilih 9 orang. Akibatnya, beberapa varian pesantren yang tercantum dalam UU Pesantren 18/2019 tak terakomodir.

Padahal, dalam pasal 75 (5) disebutkan bahwa AHWA menyampaikan calon anggota MM kepada Menag, selanjutnya pada ayat (6) Menag menetapkan.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X