• Jumat, 20 Mei 2022

Lagi dan Lagi, Daerah Seputaran IKN Baru di Penajam Paser Utara, Disapu Banjir

- Rabu, 12 Januari 2022 | 11:01 WIB
Banjir terjadi lagi di wilayah seputaran IKN baru di Penajam Paser Utara, kali ini di Kecamatan Sepaku dan Babulu. (BPBD Penajam Paser Utara)
Banjir terjadi lagi di wilayah seputaran IKN baru di Penajam Paser Utara, kali ini di Kecamatan Sepaku dan Babulu. (BPBD Penajam Paser Utara)

INILAHKORAN, Penajam – Daerah seputaran ibu kota negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kembali disapu banjir.

Banjir terjadi di dua kecamatan di Penajam Paser Utara dalam waktu sehari. Keduanya adalah Kecamatan Sepaku dan Babulu. Kecamatan Sepaku nantinya direncanakan sebagai kawasan inti IKN baru.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Penajam Paser Utara menyebutkan di Sepaku, banjir terjadi di Desa Karang Jinawi. Air meluap membanjiri rumah warga mulai sekitar pukul 05.00 Wita, Rabu, 12 Januari 2022.

BPBD Penajam Paser Utara melaporkan banjir di Karang Jinawi melanda lima rukun tetangga (RT). Ketinggian air bervariasi, mulai 30 sentimeter hingga 1,5 meter.

Baca Juga: Terbukti...IKN Baru Tak Bebas Banjir, Air Meluap Rendam Rumah Warga di Sepaku Penajam Paser Utara

Titik tertinggi air terjadi di RT 03, di mana air mencapai 1,5 meter di halaman rumah warga. Di dalam rumah, ketinggian air mencapai 40 sentimeter.

Secara keseluruhan, ada 17 unit rumah yang terendam banjir di wilayah Sepaku ini. Terbanyak di RT 01 dan RT 02 di Karang Jinawi, yakni masing-masing enam dan lima unit rumah.

Disebutkan, banjir terjadi karena hujan yang berlangsung cukup lebat selama sekitar dua jam. Hal ini sudah diperkirakan dan diperingatkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam dua kesempatan, bahwa akan terjadi hujan sedang hingga lebat dan angin kencang pada Selasa 11 Januari 2022 hingga Rabu 12 Januari 2022.

Baca Juga: Terjadi Lagi, Daerah Tetangga IKN Baru Penajam Paser Utara Dilanda Banjir, Kali Ini di Desa Bukit Subur

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Kembali Izinkan Ekspor Minyak Goreng

Kamis, 19 Mei 2022 | 20:30 WIB
X