• Minggu, 22 Mei 2022

Waduh...2 Ribu Rumah di Banjar Terendam Banjir Setinggi 3 Meter

- Rabu, 12 Januari 2022 | 22:48 WIB
Banjir yang menimpa Kabupaten Banjar setinggi 3 meter merendam 2 ribu rumah lebih.  (Antara)
Banjir yang menimpa Kabupaten Banjar setinggi 3 meter merendam 2 ribu rumah lebih. (Antara)

 

INILAHKORAN, Banjar - Banjir dengan ketinggian mencapai 3 meter di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, telah merendam setidaknya 2.008 rumah warga pada Rabu 12 Januari 2022.

Berdasarkan laporan terkini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar pada Rabu malam, selain Pengaron, ada Kecamatan Simpang Empat yang juga masih terdampak banjir dengan ketinggian air 70 centimeter.

Jumlah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Banjar sebanyak 2.215 kepala keluarga (KK) dan warga yang mengungsi seluruhnya 3.727 jiwa dari delapan desa di Kecamatan Pengaron.

Baca Juga: Lagi dan Lagi, Daerah Seputaran IKN Baru di Penajam Paser Utara, Disapu Banjir

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar Muhamad Irwan Kumar mengatakan status siaga darurat banjir sudah ditetapkan seiring kenaikan muka air pada titik pantau di wilayah hulu sub daerah aliran Sungai Riam Kiwa.

"Daerah-daerah rawan banjir diminta waspada mengingat hujan masih berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan," kata dia sebagaimana dikutip dari Antara.

Sementara Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menginstruksikan jajarannya untuk mengerahkan personel dan sarana pendukungnya membantu proses evakuasi warga terdampak banjir.

Baca Juga: Langanan Setiap Tahun, Ribuan Rumah Kecamatan Waled Cirebon Terendam Banjir

Menurut Danrem 101/Antasari, hal utama saat ini adalah keselamatan masyarakat. Jangan sampai akibat keterlambatan proses evakuasi bisa mengakibatkan adanya korban jiwa.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terbaru! Syarat Naik Kereta Api Bulan Mei 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:15 WIB

Kejagung Panggil Bos Alfamart, Ada Apa?

Jumat, 20 Mei 2022 | 16:49 WIB

Pemerintah Kembali Izinkan Ekspor Minyak Goreng

Kamis, 19 Mei 2022 | 20:30 WIB
X