• Senin, 23 Mei 2022

Mensos Risma Tekankan Pelaksanaan Mitigas Pasca Gempa Pandeglang

- Senin, 17 Januari 2022 | 23:00 WIB
Mensos Tri Rismaharini menekankan pentingnya pelaksanaan mitigasi bencana saat meninjau lokasi gempa di Pandeglang Banten. (Antara)
Mensos Tri Rismaharini menekankan pentingnya pelaksanaan mitigasi bencana saat meninjau lokasi gempa di Pandeglang Banten. (Antara)

INILAHKORAN, Pandeglang - Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma menekankan urgensi pelaksanaan mitigasi bencana saat meninjau lokasi terdampak gempa Pandeglang, Banten, Senin 17 januari 2022.

Risma menyampaikan mitigasi adalah upaya paling penting dalam mengurangi dampak bencana di kemudian hari.

"Mitigasi itu paling penting ke depannya. Di sini ada pengungsian tapi sejauh 18 km. Terus saya sampaikan kepada Bupati untuk ke bukit terdekat dan disepakati tadi," ujar Risma dalam keterangannya yang diterima di Jakarta.

Baca Juga: Pandeglang Kembali Bergoyang, Ternyata Gempa dari Sukabumi

Saat meninjau lokasi rumah rusak di Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Risma mengatakan akan melakukan kajian lanjutan bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan pemerintah daerah setempat guna memetakan lokasi rawan bencana.

Nantinya, Kementerian Sosial turut menyediakan lokasi evakuasi serta menyiapkan tenda pengungsian yang dekat dengan rumah warga terdampak.

Bupati Pandeglang Irna Nurulita mengatakan, terdapat 24 kecamatan pesisir di Kabupaten Pandeglang. Tiga di antaranya berada di zona merah yaitu Kecamatan Sumur, Carita, dan Labuhan.

Baca Juga: Rumah Rusak Akibat Gempa di Pandeglang Banten Bertambah Jadi 1.909 Unit

Terkait kesiapsiagaan masyarakat, Irna mengatakan pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat baik simulasi prabencana hingga pascabencana terjadi. Meski selama pandemi latihan terhenti, simulasi evakuasi telah masuk dalam program ekstrakulikuler (di sekolah).

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terbaru! Syarat Naik Kereta Api Bulan Mei 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:15 WIB

Kejagung Panggil Bos Alfamart, Ada Apa?

Jumat, 20 Mei 2022 | 16:49 WIB

Pemerintah Kembali Izinkan Ekspor Minyak Goreng

Kamis, 19 Mei 2022 | 20:30 WIB
X