• Selasa, 17 Mei 2022

Arteria Dahlan Minta Kejati Diganti Karena Pakai Bahasa Sunda, Dedi Mulyadi: Apa Salahnya?

- Selasa, 18 Januari 2022 | 18:22 WIB
Arteria Dahlan Minta Kejati Diganti Karena Pakai Bahasa Sunda, Dedi Mulyadi: Apa Salahnya?
Arteria Dahlan Minta Kejati Diganti Karena Pakai Bahasa Sunda, Dedi Mulyadi: Apa Salahnya?

INILAHKORAN, Bandung – Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi ikut angkat suara terkait pernyataan anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan yang meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mengganti Kejati yang rapat menggunakan bahasa Sunda.

Dedi Mulyadi yang juga merupakan Tokoh Sunda menyatakan, wajar saja jika dalam sebuah rapat terlontar bahasa daerah selama lawan bicaranya paham dan mengerti.

"Wajar saja dilakukan selama yang diajak rapat, yang diajak diskusi, mengerti bahasa daerah yang digunakan sebagai media dialog pada waktu itu," ucap Dedi Mulyadi.

Baca Juga: Prediksi Line Up Persib Vs Borneo FC, Maung Bandung Ingin Bawa Poin Penuh

Mantan Bupati Purwakarta itu pun menyebut bahwa banyak pejabat daerah yang menggunakan Bahasa daerahnya dalam kegiatan keseharian. Termasuk dirinya yang kerap menggunakan bahasa Sunda sebagai media dialog bersama masyarakat dan rapat pejabat ketika dirinya masih menjadi bupati.

"Saya lihat di Jawa Tengah bupati, wali kota, gubernur sering juga menggunakan bahasa Jawa dalam kegiatan kesehariannya. Ini adalah bagian dari kita menjaga dialektika bahasa sebagai keragaman Indonesia," beber politisi Partai Golkar itu.

Dedi Mulyadi pun mengaku tak jarang dirinya menyisipkan kata berbahas Sunda saat rapat saat memimpin rapat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI.

Baca Juga: AMS Tuntut Arteria Dahlan Minta Maaf Soal Ucapannya Tentang Bahasa Sunda

"Justru itu malah membuat suasana rapat rileks tidak tegang. Sehingga apa yang ada di pikiran kita, gagasan kita bisa tercurahkan. Dan lama-lama anggota yang rapat sedikit banyak mendapat kosakata baru bahasa Sunda yang dimengerti," ungkap Dedi Mulyadi.

Halaman:

Editor: Yosep Saepul Ramadan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yaqut Bantah Dana Haji Dipakai Pembangunan IKN

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:45 WIB
X