Polisi Sebut Tidak Menemukan Unsur Pidana di Kasus Dugaan SARA Arteria Dahlan

Penyidik Polda Metro Jaya tidak menemukan tidak menemukan adanya unsur pidana pada kasus dugaan ujaran kebencian SARA ileh Arteria Dahlan.

Polisi Sebut Tidak Menemukan Unsur Pidana di Kasus Dugaan SARA Arteria Dahlan
Arteria Dahlan

INILAHKORAN, Bandung - Penyidik Polda Metro Jaya tidak menemukan tidak menemukan adanya unsur pidana pada kasus dugaan ujaran kebencian bernada suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) yang dilakukan Arteria Dahlan. Itu diketahui usai penyidik berkoordinasi dengan saksi ahli pidana, bahasa dan hukum bidang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah melakukan gelar dengan para penyidik dan ahli pidana bahasa dan ahli hukum bidang UU ITE," jelas Kombes Zulpan dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat 4 Februari 2022.

Kemudian hasil gelar perkara itu, kata Zulpan, menyimpulkan bahwa tidak ada unsur pidana dalam kasus Arteria Dahlan yang diduga menghina orang Sunda. Artinya jika tidak ditemukan unsur pidana pada saat penyelidikan, maka kasus ini tidak bisa dilanjutkan.

Baca Juga: Pelapor Arteria Dahlan Kasus Bahasa Sunda Batal Diperiksa

"Maka pendapat saudara Arteria Dahlan dalam persoalan ini tidak memenuhi unsur perbuatan ujaran kebencian dan SARA yang diatur dalam Pasal 28 ayat 2 UU nomer 19 tahun 2016 tentang ITE," ucap Zulpan.

Selain tidak ditemukan unsur pidana, Zulpan juga menegaskan, Arteria mempunyai hak imunitas sebagai anggota DPR RI. Terkait hak imunitas itu sudah sesuai dengan Undang-Undang MD3 Pasal 224 UU 17 tahun 2014. sehingga tidak dapat dituntut di depan pengadilan.

Halaman :


Editor : inilahkoran