• Minggu, 3 Juli 2022

Bahas Perang Rusia-Ukraina, Ridwan Kamil: Dunia Sedang Tidak Baik-baik Saja

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 09:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

INILAHKORAN, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut dunia sedang tidak baik-baik saja. Ia pun menyinggung terkait perang yang tengah terjadi antara Rudia dan Ukraina. Bahkan ia menyebut bisa saja perang tersebut menuju perang dunia ke tiga.

"Dan itu terjadi di jaman kita hari ini. Perang Rusia-Ukraina yang baru dimulai, bisa saja menuju perang dunia ke-3. Berdampingan dengan Pandemi Covid yang mendampaki hidup kita secara berkepanjangan," tulisnya dalam unggahan di akun Instagram pribadinya pada Jumat 26 Februari 2022.

Menurutnya negara bisa bubar oleh sebuah perang. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyinggung soal beberapa penyebab terjadinya perang.

Baca Juga: Pasukan Rusia Makin ganas, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy Minta Komunitas Dunia Tak Hanya Bicara!

"Bisa bubar karena perang antar negara, bisa juga bubar karena perang saudara seperti yang terjadi di Yugoslavia. Sebuah negara yang sudah bubar karena suku2 bangsanya yang selalu bertengkar, berperang dan tidak bisa bersatu," katanya.

Menurutnya ndonesia harus tetap eksis dan harus menjadi negara maju adil makmur. Syarat pertama mimpi itu katanya adalah hadirnya perdamaian dan kondusifitas sosial politik dalam keseharian masyarakat.

"Kurangi pertengkaran dari hal terkecil. Jika ada perbedaan, jadikan perbedaan itu sebagai kekayaan dari keragaman, bukan melihat perbedaan sebagai sumber kebencian," lanjutnya.

"Jaga terus persatuan. Jika ada selisih, mari gunakan sila ke-4 Pancasila untuk musyawarah mufakat. Beranikan dialog cari solusi, jangan monolog sambil memaki," katanya.***

Editor: Rinda Suherlina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X