• Jumat, 1 Juli 2022

Mau Mudik Pakai Pesawat? Catat Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

- Rabu, 13 April 2022 | 15:15 WIB
eHAC Jadi Syarat Mudik (Ilust/PR)
eHAC Jadi Syarat Mudik (Ilust/PR)

INILAHKORAN, Bandung - Pengisian electronic Health Alert Card (e-HAC) jadi syarat mudik menggunakan transportasi udara.

Mulai tanggal 5 April, mengisi e-HAC menjadi syarat yang harus dilakukan oleh para pemudik yang menggunakan transportasi udara.

Chief of DTO Kemenkes RI, Setiaji mengatakan ke depan pemberlakukan pengisian e-HAC sebagai syarat mudik akan berlaku pada seluruh moda transportasi.

Baca Juga: Aturan Mudik Lebaran 2022 yang Perlu Diketahui

''Selain perjalanan udara, aturan pengisian e-HAC juga direncanakan jadi syarat untuk bepergian dengan transportasi darat dan laut pada masa mudik hingga libur lebaran. Hal ini yang akan diberlakukan setelah dirjen di kementerian terkait mengeluarkan surat edaran yang mengatur hal tersebut,'' ujar Setiaji.

Adapun syarat yang harus dipenuhi pemudik untuk memperoleh status kelayakan terbang antara lain:

1. Pemudik dengan jenis moda transportasi udara yang telah melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk melakukan tes, baik antigen maupun RT-PCR untuk memenuhi syarat kelayakan terbang. e-HAC akan menilai kelayakan terbang berdasarkan hasil tes tersebut.

Baca Juga: Hore, Ada 22 Puskesmas Layani Vaksinasi Disiapkan Pemkot Bandung bagi Warga Kota Bandung Sebelum Mudik

2. Pemudik yang sudah melakukan vaksinasi primer hingga dosis kedua, diwajibkan untuk melengkapi syarat mudik dengan keterangan hasil negatif tes antigen maksimal 124 jam atau tes RT-PCR maksimal 324 jam sebelum keberangkatan.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X