• Selasa, 5 Juli 2022

Siapa Shireen Abu Akleh, Jurnalis yang Tewas Ditembak Pasukan Israel? Berikut Profilnya

- Kamis, 12 Mei 2022 | 18:15 WIB
Shireen Abu Akleh, Jurnalis Al Jazeera Tewas Tertembak saat Meliput Operasi Militer Israel di Tepi Barat Palestina   (Twitter @Haura49822241)
Shireen Abu Akleh, Jurnalis Al Jazeera Tewas Tertembak saat Meliput Operasi Militer Israel di Tepi Barat Palestina (Twitter @Haura49822241)

INILAHKORAN, Bandung - Shireen Abu Akleh, perempuan kelahiran Januari 1971 itu adalah seorang jurnalis Palestina - Amerika yang bekerja sebagai reporter untuk saluran berbahasa Arab Al Jazeera selama 25 tahun.

Timur Tengah selama puluhan tahun melaporkan di wilayah Palestina yang diduduki Israel. Dia ditembak dan dibunuh pada 11 Mei 2022, saat meliput serangan Pasukan Pertahanan Israel di kota Jenin, Tepi Barat.

Abu Akleh adalah salah satu jurnalis terkemuka, seorang reporter yang digambarkan setelah kematiannya sebagai "di antara tokoh-tokoh media Arab yang paling menonjol".

Baca Juga: Jurnalis Al Jazeera Ditembak Pasukan Israel, Cuitan 'Rest in Power' Menggema di Twitter

Sepanjang karirnya ia melaporkan peristiwa besar Palestina termasuk Intifadah Kedua serta menganalisis politik Israel; pelaporan langsungnya di televisi, dan dia mengilhami banyak orang Palestina dan Arab lainnya untuk mengejar karir di bidang jurnalisme.

Pada 11 Mei 2022, Abu Akleh ditembak dan dibunuh saat melaporkan serangan Pasukan Pertahanan Israel di kota Jenin, Tepi Barat. Al Jazeera dan Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan bahwa dia dibunuh oleh IDF.

Laporan saksi mata serta pernyataan oleh negara lain dan organisasi non-pemerintah juga mencirikan pembunuhannya telah dilakukan oleh pasukan Israel.

Baca Juga: Momen Kegiatan Ramadhan, IJTI Jabar Bikin Jurnalis Nyantri di Pondok Pesantren Bandung

Sementara Israel awalnya mengatakan dia tewas akibat baku tembak dengan militan Palestina, seorang juru bicara Israel kemudian mengatakan bahwa belum diketahui siapa yang bertanggung jawab.

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Umur 76 Tahun, Polri Dinilai Lebih Humanis

Senin, 4 Juli 2022 | 13:53 WIB
X