Ini Penjelasan Menkes Soal Pelonggaran Penggunaan Masker di Luar Ruangan

- Rabu, 18 Mei 2022 | 12:58 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (antara)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (antara)

INILAHKORAN, Bandung - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan terkait kebijakan pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan.

Budi menyampaikan kebijakan tersebut dibuat sebagai salah satu bagian dari program transisi pandemi ke endemi.

"Dari semua pandemi yang terjadi dalam sejarah, transisi terjadi ketika masyarakat sudah menyadari bagaimana caranya melakukan protokol hidup yang sehat," ujar Budi dalam keterangan persnya, Rabu 18 Mei 2022.

Baca Juga: Baru 2 Kali Latihan, Victor Igbonefo Mengaku Staminanya Mulai Bugar

Budi juga menyampaikan pelonggaran penggunaan masker ini merupakan bentuk pendidikan ke masyarakat agar tetap melindungi diri dan menerapkan protokol kesehatan.

"Masyarakat punya peran yang lebih besar untuk melindungi dirinya, tanggung jawab menjaga kesehatan adalah tugas masing-masing," ucapnya.

Lebih lanjut, Budi menuturkan pelonggaran penggunaan masker ini merujuk kepada beberapa negara yang juga telah menerapkan kebijakan yang sama di antaranya, Italia, Jerman, Amerika Serikat, dan Singapura.

Baca Juga: Sebut Lirik Jaro Ade di Pilbup Bogor 2024, BG Bongkar Rahasia Politik Lima Tahun Lalu

Meski di luar ruangan boleh melepas masker, Budi mengatakan wajib masker masih berlaku untuk transportasi umum. Adapun, kebijakan tersebut berlaku sejak 1 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Firda Rachmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Umur 76 Tahun, Polri Dinilai Lebih Humanis

Senin, 4 Juli 2022 | 13:53 WIB
X