Pemerintah Kembali Izinkan Ekspor Minyak Goreng

- Kamis, 19 Mei 2022 | 20:30 WIB
Pemerintah Kembali Izinkan Ekspor Minyak Goreng (Foto: Instagram @jokowi)
Pemerintah Kembali Izinkan Ekspor Minyak Goreng (Foto: Instagram @jokowi)

INILAH KORAN, BandungPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan, pemerintah kembali mengizinkan ekspor minyak goreng dan bahan bakunya.

Kebikjakan tersebut disampaikan Jokowi pada Kamis, 19 Mei 2022 dan akan berlaku mulai 23 Mei 2022. Diketahui, pemerintah sejak 28 April 2022 melarang ekspor minyak goreng dan bahan bakunya.

“Saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin 23 Mei 2022," ucap Jokowi, Kamis, 19 Mei 2022.

Baca Juga: PPDB SD di Jakarta 2022 Akan Dibuka! Simak Jadwal Pendaftarannya

Izin itu dikeluarkan atas pertimbangan pemerintah terhadap banyaknya tenaga kerja di sektor sawit yang mencapai belasan juta orang.

"Berdasarkan pasokan dan harga minyak goreng saat ini, serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga di industri sawit baik petani, pekerja, dan juga tenaga pendukung lainnya,” tuturnya.

Sejak larangan ekspor diberlakukan bulan lalu, Jokowi mengaku dirinya beserta jajaran terus memantau dan mendorong berbagai langkah untuk memastikan ketersediaan minyak goreng bagi masyarakat.

Baca Juga: Hukum Bersalaman Saat Halal Bi Halal, Ustadz Adi Hidayat: Lakukan Jika Bertemu

"Alhamdulillah pasokan minyak goreng terus bertambah...setelah dilakukan pelarangan ekspor di bulan April pasokan kita mencapai 211 ribu ton per bulannya, melebihi kebutuhan nasional bulanan kita," beber Jokowi.

Halaman:

Editor: Yosep Saepul Ramadan

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Umur 76 Tahun, Polri Dinilai Lebih Humanis

Senin, 4 Juli 2022 | 13:53 WIB
X