• Senin, 27 Juni 2022

Terungkap! Ini Alasan Jokowi Ganti Dua Menteri Mulai Hari Ini

- Rabu, 15 Juni 2022 | 20:15 WIB
Presiden Jokowi lakukan reshuffle dan menunjuk Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Setkab)
Presiden Jokowi lakukan reshuffle dan menunjuk Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Setkab)

INILAHKORAN, Bandung - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung memastikan bahwa perombakan atau reshuffle kabinet oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (15/06/2022) sudah melalui pertimbangan matang.

“Reshuffle ini dilakukan bukan hal yang tiba-tiba. Dengan pemikiran yang sudah cukup matang dan diskusi yang panjang, Presiden memang memerlukan semacam refreshing dari beberapa menteri dan wakil menteri,” ujar Seskab, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/06/2022).

Seskab pun kembali menegaskan bahwa perombakan kabinet adalah hak prerogatif Presiden.

“Presiden sudah sangat tahu siapa yang beliau butuhkan saat ini. Kita sebagai pembantu Presiden, terutama tugasnya ya membantu beliau, memberikan pandangan kalau memang ada yang beliau akan putuskan,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Daftar Menteri yang Diganti Jokowi Mulai Hari Ini, Lengkap dengan Penggantinya

Tak hanya figur yang akan menjadi anggota kabinet, Seskab menyampaikan bahwa pemilihan waktu reshuffle juga telah dipertimbangkan secara matang.

“Memang momentumnya dihitung paling pas ya saat ini,” ujarnya.

Seskab pun berharap kehadiran lima anggota baru Kabinet Indonesia Maju yang terdiri dari dua menteri dan tiga wakil menteri ini dapat memperkuat kabinet yang ada. Penyegaran kabinet juga diharapkan dapat membuat kerja kabinet menjadi lebih lincah termasuk dalam menghadapi tantangan global seperti persoalan pangan dan inflasi.

Baca Juga: Polisi Jelaskan Soal Imbauan Berkendara Jangan Pakai Sandal Jepit

Halaman:

Editor: Rinda Suherlina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X