Waspada Gelombang Setinggi 6 Meter di Wilayah Perairan Ini

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan imbauan peringatan dini potensi gelombang sangat tinggi hingga enam meter.

Waspada Gelombang Setinggi 6 Meter di Wilayah Perairan Ini
Ilustrasi gelombang air laut naik

INILAHKORAN, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan imbauan peringatan dini potensi gelombang sangat tinggi hingga enam meter yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Tanah Air pada 19 - 20 Juni 2022.

Berdasarkan data BMKG, gelombang tinggi dipengaruhi oleh adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur Laut - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 15 knot.

Sementara itu, di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

Baca Juga: Juri Ungkap Alasan Amber Heard Kalah dari Johnny Depp: Dia Memiliki Air Mata Buaya

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa, Laut Banda, perairan selatan Jawa, dan Laut Arafuru,” terang BMKG, melansir siaran persnya, Minggu 19 Juni 2022.

Situasi itu terjadinya peluang peningkatan gelombang sangat tinggi berkisar 4.0 - 6.0 meter terjadi di Samudera Hindia Barat Lampung dan Samudera Hindia Selatan Jawa - Bali.

Halaman :


Editor : inilahkoran