Umur 76 Tahun, Polri Dinilai Lebih Humanis

Memasuki umur 76 tahun, Polri semakin berbenah diri. Beberapa capaian prestasi sering kali ditorehkan oleh lembaga ini dan ini buktinya

Umur 76 Tahun, Polri Dinilai Lebih Humanis
Usia Polri semakin matang dan dianggap kerjanya semakin humanis.

INILAHKORAN, Bandung - Memasuki umur 76 tahun, Polri semakin berbenah diri. Beberapa capaian prestasi sering kali ditorehkan oleh lembaga ini.

Selain prestasi, polisi kini dinilai lebih humanis. Seperti yang di sampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Ketum PP Hima Persis), Ilham Nurhidayatullah.

Ia mengatakan, di tubuh Polri, kini lebih bersikap inklusif serta masif melakukan kolaborasi dengan berbagai elemen mulai dari organisasi kemasyarakatan hingga mahasiswa. Menurut Ilham kolaborasi dan keterbukaan menjadi dua hal penting untuk mewujudkan Polri yang Presisi.

Baca Juga: Mabes Polri Limpahkan Kasus Doni Salmanan ke Kejari Bale Bandung

"Saat ini (Polri) humanis, banyak langkah-langkah preventif yang Polri lakukan untuk stabilitas negara kita. Dan tidak hanya humanis, Polri juga kini inklusif dan kolaboratif dengan berbagai kalangan, baik itu ormas, kepemudaan, ataupun kemahasiswaan," ungkap Ilham, Senin (4/7/2022).

Senada dengan Ilham, Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi) menilai Polri saat ini semakin humanis. Terutama dalam mengawal mahasiswa saat berunjuk rasa.

"Dalam mengawal penyampaian pendapat di muka umum, menurut saya mereka sudah humanis. Seperti saat aksi mahasiswa besar-besaran di DPR beberapa bulan lalu," katanya, pada waktu yang sama.

Baca Juga: Seluruh Harta Indra Kenz Disita Bareskrim Mabes Polri

Wiryawan mengungkit aksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang naik kem mobil komando dan ikut berorasi di tengah mahasiswa. Menurutnya hal itu menunjukkan Polri bersikap terbuka terhadap aspirasi mahasiswa dan menjunjung demokrasi.

"Kan Bapak Kapolri juga turun langsung. Ini baru pertama kali ada Kapolri naik ke mobil komando massa. Saya pikir keterbukaan dan demokrasi Polri terhadap mahasiswa, kami rasakan di zaman beliau," imbuh Wiryawan.

Sementara itu, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, menunjukkan bahwa sebanyak 58,3% responden menilai Polri telah melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai visi Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi, Berkeadilan (Presisi).

Baca Juga: BCA Bantu 188 Pasien Jalani Operasi Katarak di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung

Sementara sebanyak 28,6% responden menjawab belum sesuai. Data ini dikutip dari hasil survei Litbang Kompas, Senin ( 4 Juli 2022. (Cesar Yudistira)


Editor : inilahkoran