Pemkot Bandung Mulai Jalankan Cabut Pentil Kendaraan Parkir Liar

INILAH, Bandung - Pemkot Bandung mulai menjalankan sanksi cabut pentil bagi kendaraan yang parkir liar. 

Pemkot Bandung Mulai Jalankan Cabut Pentil Kendaraan Parkir Liar
Operasi perdana sanksi cabut pentil di kawasan Jalan Riau, Bandung
INILAH, Bandung - Pemkot Bandung mulai menjalankan sanksi cabut pentil bagi kendaraan yang parkir liar. 
 
Memang  hingga akhir November ini,  masih satu ban saja digembosi. Tapi nantinya, seluruh ban dari kendaraan yang parkir liar bakal 'dieksekusi'. Itu berlaku untuk roda dua maupun roda empat.
 
Selain Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, operasi perdana sanksi cabut pentil ini dipimpin langsung Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). 
 
Titik pertama yang disatroni yakni kawasan Jalan Riau, dan didapati tiga unit mobil melakukan pelanggaran parkir sehingga pentilnya dicabut dan dibububi stiker pleh Dishub.
 
Oded kembali menegaskan bahwa sanksi cabut pentil ini sudah dia informasikan sebelumnya melalui surat edaran yang diterbitkan pada 29 Oktober silam. 
 
Setelah masa sosialisasi selama dua pekan, dia menyatakan Pemkot Bandung serius untuk mengeksekusi para pelanggar parkir liar.
 
"Setelah kita Perwal itu tanggal 9 (Oktober) tandatangan, sudah diberlakukan dan sosialisasi masyarakat, maka hari ini kita coba agar membuat jera masyarakat kita lakukan hari ini, alhamdulillah sudah dikoordinasikan dengan Forkopimda semua mendukung," kata Oded di sela-sela operasi di Jalan Riau, Bandung, Jumat (16/11).
 
Oded menyatakan pemberlakuan sanksi cabut pentil bukan bermaksud menakut-nakuti masyarakat. Justru, sambung dia, hal ini digulirkan sebagai bagian dari edukasi perihal tertib berlalu-lintas.
 
Dengan adanya penindakan tegas tersebut, Oded berhatap masyarakat kapok dan terdorong untuk lebih tertib dalam memarkir kendaraannya. Sebab, menurutnya keberadaan kendaraan yang diparkir liar menjadi salah penyebab kemacetan di Kota Bandung.
 
"Berharap mudah-mudahan program cabut pentil perlu dipahami bahwa sesungguhnya program ini yang penting adalah edukasi pada masyarakat, agar nisa mematuhi aturan sehingga kemacetan di Kota Bandung salah satu penyebabnya parkir liar," jelasnya.
 
Oded menghendaki untuk tahap awal eksekusi cabut pentil hanya satu ban saja, sebelum nantinya semua ban yang digembosi. Dia menyatakan ke depannya tidak menutup kemungkinan dirancang sanksi lebih berat seperti dikenai sankai bayar denda.
 
"Ini sosialisasi dan edukasi. Ya tadi udah ngobrol dengan kapolrestabes dan pengadilan negeri ke depan regulasi akan diperkuat, dan memang itu perlu saya kira," tandasnya.


Editor : inilahkoran