Pemprov Berkomitmen Wujudkan Jabar Bebas Rabies

Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum mengajak semua pihak untuk turut serta menyosialisasikan pencegahan penyakit rabies dalam upaya melaksanakan Jabar bebas rabies

Pemprov Berkomitmen Wujudkan Jabar Bebas Rabies
Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum mengajak semua pihak untuk turut serta menyosialisasikan pencegahan penyakit rabies dalam upaya melaksanakan Jabar bebas rabies

INILAHKORAN, Bandung - Dalam rangka mewujudkan Provinsi Jawa Barat bebas dari rabies, Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum mengajak semua pihak untuk turut serta menyosialisasikan pencegahan penyakit tersebut kala memberikan sambutan acara Pencanangan Jabar Kick-Out Rabies 2022, di Ciwalk, Rabu 28 September 2022.

Pak Uu -sapaan Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pencegahan rabies kepada hewan dan manusia tidak dapat terlaksana maksimal bila hanya dilakukan pemerintah provinsi (Pemprov). Partisipasi pemerintah kota, kabupaten, masyarakat serta khususnya pemilik hewan harus terlibat secara berkesinambungan dalam mewujudkan Jabar bebas rabies.

"Harapan kami, kegiatan ini bukan hanya seremonial atas tuntutan pemerintah. Tetapi dapat memberikan efek domino, dalam memelihara hewan yang sehat. Disini ada Wakil Bupati Bandung Pak Sahrul Gunawan, kita harap bisa melakukan yang sama," ujar Uu.

Baca Juga : Bangganya Atalia Kenalkan Kerajinan Jawa Barat ke Rombongan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini

"Saya disini mewakili pak gubernur, dalam rangka pentingnya hewan sehat karena sekarang adalah hari rabies (Hari Rabies Sedunia). Harapan kami, masyarakat Jawa Barat menyadari akan pentingnya hewan sehat, karena hewan berpenyakit itu akan mudharat. Bukan hanya bagi pemilik, tapi juga lingkungan sekita. Oleh karena itu, saya berharap masyarakat memahami akan hal tersebut," imbuhnya.

Lebih lanjut Pak Uu menjelaskan, kesehatan hewan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, namun juga masyarakat. Dia berharap, dengan tingginya kesadaran masyarakat Jawa Barat dapat terbebas dari rabies.

"Kesehatan hewan bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi seluruh masyarakat. Harapannya, tidak ada lagi rabies di Jawa Barat kalau sudah difokuskan sejak lama," ucapnya.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 Terus Digenjot, 83 Juta Dosis Sudah Diberikan kepada Warga Jabar

Dia menambahkan, bila ada hewan yang terjangkit rabies untuk segera dilakukan vaksinasi di pusat layanan kesehatan milik pemerintah dan dipastikannya diberikan secara gratis bagi masyarakat.

"Apalagi pemerintah pusat sudah menggratiskan vaksin. Kemudian obat yang kena atau digigit anjing rabies, di Puskesmas obatnya sudah siap dan digratiskan. Oleh karena itu, sata meminta kepada walikota dan bupati untuk melakukan acara (sosialisasi) yang sama, terutama Bandung Raya. Harapan kami, supaya apa yang dilakukan didengar dan dipahami oleh masyarakat Jawa Barat," tandasnya. (Yuliantono)


Editor : asayuti