Pengamat: Lekas Masuk Parpol Membuat Langkah Politik Ridwan Kamil Semakin Terang  

peluang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju sebagai Capres maupun Pilgub Jabar 2024 sangat terbuka

Pengamat: Lekas Masuk Parpol Membuat Langkah Politik Ridwan Kamil Semakin Terang  
Pendiri lembaga survei Cyrus Network sekaligus Pengamat Politik, Hasan Hasbi

INILAHKORAN, Bandung-Peluang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju sebagai Capres maupun Pilgub Jabar 2024 sangat terbuka. Elektabilitas dan popularitas Ridwan Kamil yang terus mengalami peningkatan menjadi faktor terbukanya peluang maju di Pilpres maupun Pilgub 2024

Kendati demikian, Ridwan Kamil didorong untuk lekas bergabung dengan partai politik. Pendiri lembaga survei Cyrus Network sekaligus Pengamat Politik, Hasan Hasbi pun menilai  parpol dengan latar belakang nasionalis dan religius dapat menjadi kendaraan politik Ridwan Kamil untuk nyapres. 

"Secara karakter RK bisa cocok dengan Golkar, NasDem, atau Demokrat. Tapi saran saya tokoh-tokoh politik yang mau jadi capres atau cawapres harus mau mendeklarasikan diri masuk menjadi anggota partai," ungkapnya Hasan Hasbi, Selasa 16 Agustus 2022. 

Baca Juga : Kepemimpinan Ridwan Kamil, Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal di Jabar

Menurut Hasan, memiliki elektabilitas dan popularitas yang baik harus dimanfaatkan oleh Ridwan Kamil untuk berlaga di kancah politik  2024. Dia menilai, masuk dalam partai politik akan membuat langkah dan tujuan semakin terang. Selain itu, publik juga bisa memberikan simpati lebih. 

"Tidak bisa terus menerus ingin berada di luar partai sambil terus memelihara keinginan untuk mencapai karir politik yang lebih tinggi, harus berpartai," katanya. 

Disinggung soal nama Ridwan Kamil yang masih unggul dalam survei lembaganya untuk maju sebagai petahana di Pilgub Jabar. Hasan menjelaskan, Ridwan juga berpeluang mencoba keberuntungan ke provinsi DKI Jakarta. 

Baca Juga : Menyongsong 2024, KPU Jabar Prioritaskan Kesiapan dan Kesehatan Personel

"Sebelum survei Juli, RK juga sudah sangat kuat, sudah di atas 50% elektabilitasnya. Jadi tetap terbuka peluang RK buat maju kembali di Jabar. Bahkan kalau mau fair, RK juga bisa mempertimbangkan untuk maju di Pilkada DKI 2024," katanya.

Halaman :


Editor : asayuti