• Sabtu, 16 Oktober 2021

Ini Tanggapan Manajemen Persib Soal Produk Rokok di Jersey

- Minggu, 15 Maret 2020 | 17:15 WIB
Foto: Muhammad Ginanjar
Foto: Muhammad Ginanjar

INILAH, Bandung - Perjalanan Persib Bandung di Liga 1 2020 menimbulkan polemik. Itu terjadi karena tim berjulukan Maung Bandung ini memasang tagline produk rokok di jersey. 

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi pun telah mengeluarkan surat edaran terkait sponsor itu. Termasuk untuk Tira Persikabo yang menggunakan nama situs judi sebagai sponsor utama di jersey. 

"Terkait implementasi peraturan nasional soal sponsor industri olahraga tertanggal 25 Mei 2019, PT LIB telah menyampaikan penegasan kembali bahwa sesuai peraturan pemerintah yang berlaku. LIB tidak mengizinkan klub yang berpartisipasi pada kompetisi resmi yang dikelola LIB untuk menjalin kerjasama komersial dengan produk yang berkaitan langsung dengan brand rokok, minuman beralkohol dan situs perjudian," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan seperti dilansir laman resmi PSSI.

Iwan menambahkan, apabila nantinya ada klub yang tetap melakukan ikatan kerja sama dengan pihak yang telah ada dalam aturan larangan tersebut. Sepenuhnya hal itu bakal menjadi tanggung jawab klub masing-masing.

Menyikapi hal itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono mengatakan semestinya tidak perlu menjadi polemik. Apalagi sponsor itu sudah dikenakan Persib sejak musim 2018 silam. 

"Persib itu ada kaitan kerjasama dengan sponsor-sponsor yang sudah dilihat pada saat launching, ada kesepahaman. Tentu ini sesungguhnya tidak perlu menjadi polemik," kata Kuswara. 

Karena itu, Kuswara masih belum mau berkomentar lebih jauh soal larangan penggunaan sponsor rokok itu. Menurutnya perlu pengkajian lebih dulu dengan manajemen Persib lainnya.

"Ini tentu menjadi bahan perdebatan, karena tidak menyangkut ke objek. Saya kira ini harus disikapi dengan bijak. Mungkin nanti kami akan mengkaji lebih dahulu. Nanti komentar secara formal akan kita sampaikan segera," bebernya.

Sejauh ini, Kuswara mengaku belum melakukan pembicaraan dengan sponsor terkait. Pihaknya tak mau terburu-buru untuk menentukan keputusan. 

Halaman:

Editor: donramdhani

Terkini

Berangkat Lebih Awal, Persib Tiba di Yogyakarta

Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:05 WIB

Hadapi Bhayangkara FC, Ini Ungkapan Mohammed Rashid

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:24 WIB

Hmm... Geoffrey Castillion Lagi-lagi Cedera

Selasa, 12 Oktober 2021 | 21:45 WIB
X