• Selasa, 19 Oktober 2021

Luizinho Posisikan Diri Sebagai Teman Kiper Persib

- Senin, 3 Agustus 2020 | 16:40 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Bandung - Pelatih kiper Persib Bandung, Luizinho Passos ternyata memiliki kedekatan dengan anak asuhnya meski metode latihan yang diberikan cukup keras. 

Menurutnya kedekatan itu sudah menjadi kewajibannya agar para kipernya semakin nyaman, terutama dalam berlatih. Sebab dia memahami metode latihan yang diberikan telah menguras tenaga dan emosi. 

Karena itu, Luizinho merasa perlu menjalin kedekatan dengan para kipernya. Seperti halnya I Made Wirawan, Teja Paku Alam, Dhika Bayangkara serta M Aqil Savik yang dipinjamkan ke Bandung United. 

"Sesekali, jika kami memang memiliki waktu luang, saya sempatkan mereka untuk makan malam atau sekadar berjalan-jalan bersama. Saya lihat mereka semua senang. Kami harus membangun tim ini seperti keluarga," ungkap Luizinho seperti dilansir laman resmi Persib, Senin (3/8/2020). 

Pelatih asal Brasil ini mengaku cara tersebut dinilai ampuh. Terbukti hingga saat ini, komunikasi terjalin baik dengan para kipernya. 

"Yang pertama adalah komunikasi yang baik tentunya. Saya pun selalu memberikan apresiasi dalam bentuk pelukan setelah mereka selesai latihan," tuturnya. 

Benar saja, Luizinho juga masih memiliki kedekatan dengan mantan-mantan kipernya, seperti Muhammad Ridho (Madura United), Nadeo Argawinata hingga Gianluca Pandeynuwu (Borneo FC). 

"Saya mengerti karena mereka telah menjalani latihan yang berat dan tentunya perlu apresiasi lebih dalam. Selain pelatih untuk mereka, saya harus memposisikan diri sebagai teman, kakak bahkan seorang ayah untuk kiper-kiper," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)

Editor: JakaPermana

Terkini

X