• Sabtu, 25 September 2021

Indonesia Kehilangan Jatah Liga Champions Asia, Robert Alberts Sentil Jadwal Liga Indonesia

- Senin, 14 September 2020 | 18:40 WIB
dok/inilahkoran
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Indonesia kehilangan jatah untuk tampil di Liga Champions Asia musim depan meski peserta ditambah menjadi 40 tim. Peringkat menjadi alasannya.

Peringkat Liga Indonesia hanya menempati peringkat ke-13 Zona Timur atau peringkat ke-28 se-Asia. Hal itu terjadi karena penampilan buruk klub-klub Indonesia di kompetisi AFC (Piala AFC dan LCA).

Terakhir, di musim 2020, Indonesia yang diwakili Bali United hanya mampu masuk hingga kualifikasi kedua setelah takluk dari wakil Australia, Melbourne Victory. 

Menanggapi hal itu, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menilai sirnanya Indonesia tampil di Liga Champions Asia dimulai saat terkena sanksi FIFA. Bahkan Indonesia tidak bisa menjalankan kompetisi selama satu musim penuh. 

"Jika melihat di kompetisi level Asia, tim kami (Indonesia) memang harus bertarung dulu dengan tim lain di kualifikasi dan itu normal untuk saat ini," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (14/9/2020). 

Karena itu, Robert meminta keputusan AFC harus menjadi cambukan bagi tim-tim Indonesia. Setidaknya meningkatkan kualitas bermain agar bisa kembali bermain di Liga Champions Asia. 

"Kami harus berbenah meningkatkan kapasitas untuk bermain di Liga Champions Asia karena di sana ada tim dari Korea Selatan, Jepang, tim dari Timur Tengah, tentu berbeda levelnya dengan tim dari Asia Tenggara," tuturnya.

Pelatih asal Belanda ini mengaku sudah sangat lega setelah Liga Indonesia dilanjutkan pada Oktober. Sebab jadwal tersebut memiliki kesamaan dengan Liga lainnya termasuk di Eropa. 

"Tapi saya tidak mengerti kenapa harus berakhir di Februari. Secara pribadi saya tidak memahami itu," sesalnya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Terkini

X