• Jumat, 22 Oktober 2021

Robby Darwis Bikin Akademi Sepak Bola, Ini Istimewanya

- Minggu, 7 Februari 2021 | 14:00 WIB

INILAH, Bandung - Pandemi Covid-19 tak menjadi halangan bagi Robby Darwis. Terbukti, Legenda Persib Bandung ini mendirikan akademi sepak bola. 

Terlebih, tim PSKC Cimahi yang ditanganinya sudah tidak memiliki kegiatan usai Liga 2 yang dijalani terhenti akibat tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian (Polri) dengan alasan pandemi Covid-19 di Indonesia masih masif.

Dengan nama Robby Darwis Football Academy, pemain yang menyumbangkan gelar juara kompetisi Perserikatan pada 1986, 1989-1990, dan 1993-1994 serta sekali pada era Liga Indonesia 1994-1995 ini memutuskan untuk menjalankan akademi sepak bolanya di Kota Cimahi. 

"Jadi akademi ini sudah difasilitasi sama Pusdikpom dan akademi ini juga punya fasilitas full seperti fitness, tempat menginap dan lapangan sudah 100 persen," ungkap Robby. 

Robby memiliki kepercayaan diri yang tinggi bahwa akan terlahir para pesepak bola potensial dari akademinya. Sehingga nantinya akan menjadi buruan para klub profesional hingga tim nasional. 

"Jadi saya membuka akademi ini lebih fokus pada fasilitas dulu, yang nyaman buat siswa kemudian juga operasional dan lapangannya terutama siswa sekarang kan sekolah. Jadi yang dari luar pulau seperti Sumatera atau dari daerah lain dan datang kesini untuk menimba ilmu, kita di akademi ini ya menyalurkan ke sekolah (formal) juga. Jadi kita bekerjasama dengan salah satu sekolah baik itu SMP maupun SMA hingga antar jemputnya juga siap. Jadi tidak asal bikin akademi saja," tuturnya. 

Selain itu, Robby juga mengklaim bahwa akademinya ini memiliki kualitas lapangan yang tidak dimiliki akademi sepak bola lainnya. Seperti tersedianya lapangan rumput, mes, tempat beribadah hingga ruang pertemuan dengan para orang tua.

"Kita juga sengaja bikin di kompleks Pusdikpom ini juga supaya menjaga mental pemain dan membangun karakternya. Nanti akan ada kedisiplinan dari Pusdikpom sendiri yang mana untuk bisa membangun mental itu bisa kuat atau memahami karakter sebagai pemain bola," katanya. 

Pemain yang dijuluki Bima ini pun semakin percaya diri lantaran akademinya ini ditangani para pelatih berpengalaman yang juga merupakan para legenda Maung Bandung. Di antaranya, Yudi Guntara, Asep Soemantri, Anwar Sanusi, Cecep Supriyatna hingga Dede Iskandar. 

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Terkini

Hadapi PSS Sleman, Ini Ungkapan Jupe

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:48 WIB

SIP! Kondisi Victor Igbonefo Oke Hadapi PSS Sleman

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:03 WIB
X